Sabtu, 21 Oktober 2017

Latihan Soal Negosiasi dan Anekdot

Latihan Soal Negosiasi dan Anekdot

1.    Bacalah paragraf berikut ini!
Hari ini SMAN2 XXX  mengadakan rekreasi ke Bali. Para siswa terlihat gembira dan mengenakan pakaian yang terbagus. Di antara mereka ada yang membawa tongsis. Tiba-tiba Bedjo berkata, “Iya, tongsis itu memang cocok untuk kita, supaya kita semua pandai berkaca diri”. Anak yang membawa tongsis hanya tersenyum kemudian mengajak Bedjo selfie.
Konjungsi temporal terdapat pada kalimat ke….
a.    1
b.    2
c.    3
d.    5
e.    4
D
Petunjuk
Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang menandakan urutan waktu.
Pembahasan
Kata penghubung yang menunjukkan waktu terdapat pada kalimat ke-5 yaitu kemudian.




2 . Bacalah teks berikut ini!
(1) Matahari memancarkan sinarnya ke bumi dan sebagai sumber cahaya. (2) Bintang pun iri terhadapnya. (3)“Mengapa sinarmu begitu terang? Ajarkan aku agar aku sepertimu!” kata bintang kepadanya. (4) Matahari pun tersenyum menjawabnya, “Bintang, jika kau ingin sepertiku kumpulkanlah emas, batu bara, dan minyak sebanyak-banyaknya dari bumi karena benda itulah sumber cahayaku.” (5) Kemudian, bintang pun pergi dan mulai mengerahkan rakyatnya untuk menggali emas, batu bara, dan minyak sebagai sumber cahaya.

Hubungan makna antarkalimat dalam paragraf dinyatakan secara implisit melalui….
a.    Perbandingan
b.    Pertentangan
c.    sebab-akibat
d.    pengandaian
e.    umum-khusus
C
Petunjuk
Hubungan makna antarkalimat membentuk sebuah jalinan paragraf yang memiliki satu kesatuan makna.
Pembahasan
Hubungan makna kalimat ke-1 sampai dengan kalimat ke-5 menggunakan hubungan sebab-akibat. Kalimat ke-1 menyebabkan kalimat ke-2 dan seterusnya.


3  Bacalah paragraf berikut ini!
Keluarga Anis makan siang bersama. Sambil makan mereka berbagi cerita. Mereka merasakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya.
Tiba-tiba Anis menanyakan lauk kepada ibunya.
“Bu, lauknya apa nih?”.
 Ibunya menjawab, ”Mulai hari ini tidak ada lauk. Negara tetangga baru hajatan sehingga tidak sempat mengekspor kedelai, daging, maupun ikan.”
“Maksudnya, apa, Bu?” Anis tidak paham dengan perkataan ibunya.
“Pikir aja sendiri!” jawab Ibu.
Anis cemberut dan tetap makan tapi tanpa lauk, baik tahu maupun tempe. Benar-benar makan ala kadarnya.
Bahasa yang digunakan untuk menyampaikan sindiran adalah.…
a.    antonim
b.    sinonim
c.    ungkapan
d.    pengandaian
e.    perbandingan
D
Petunjuk
Bahasa yang digunakan untuk menyindir adalah pengandaian, perbandingan, antonim, dan ungkapan.
Pembahasan
Bahasa yang digunakan dalam teks anekdot di atas untuk menyindir adalah pengandaian. Teks di atas berandai-andai jika negara tetangga mementingkan kepentingan sendiri, negaranya tidak bisa memenuhi kebutuhannya karena ada sebagaian bahan yang diimpor oleh negara tetangga.




4. Bacalah teks berikut ini!
Suatu sore di padang rumput Son the Sip. Kambing-kambing sedang asyik makan dan mengembik-embik.
Kambing 1: ,”Mengapa rumputmu selalu hijau?”
Kambing 2: ,”Karena selalu kurawat dan kupupuk.”
Kambing 1: ,”Rumputku juga kurawat dan kupupuk tapi tidak sehijau rumputmu.”
Kambing 2: ,”Karena kau melihatnya tidak dengan hati sehingga rumput tetangga lebih hijau di matamu.”
Kambing 1 : ,(merasa tersindir kemudian tersenyum lalu mengembik)

Bahasa yang digunakan untuk menyampaikan sindiran dalam teks anekdot di atas adalah.…
a.    perbandingan
b.    pengandaian
c.    ungkapan
d.    sinonim
e.    antonim
C
Petunjuk
untuk menyindir seseorang, bahasa yang digunakan adalah pengandaian, antonim, sinonim, dan ungkapan.
Pembahasan
Bahasa yang digunakan untuk menyindir adalah ungkapan “rumput tetangga lebih hijau” yang artinya apapun yang dimiliki orang lain terasa indah dan nikmat.


5. Bacalah teks berikut ini!
Semut bertemu lebah di ranting pohon.
(1) Lebah: Wah, maduku sangat bermanfaat.”
(2) Semut: Apa aku bisa mengambilnya sedikit saja
(3) Lebah: tidak boleh
(4) Semut: mengapa?
(5) Lebah: karena kau tinggal dalam kolong jembatan
Semut berlalu meninggalkan kecongkakan lebah.

Sindiran terdapat pada kalimat ke.…
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
e.    5
E
Petunjuk
Sindiran dapat diungkapkan melalui perbandingan, pengandaian, antonim, dan ungkapan.
Pembahasan
Kalimat sindiran terdapat pada kalimat karena kau tinggal dalam kolong jembatan.




6.  Bacalah teks berikut ini!
Sebelum upacara pembukaan MOS di sekolah Berbudi Luhur.
1) Siswa: upacara bendera itu tujuannya apa, Pak
2) Guru: agar kita selalu mencintai dan menjaga Negara kita, serta mengenang jasa pahlawan.
3) Siswa: ooo, tapi mengapa masih banyak kasus, seperti penggundulan hutan, ya? Atau mungkin mereka yang melakukannya tidak pernah upacara bendera atau sekolah, Pak.
4) Guru: (tersenyum) nah, kamu kan sekolah, jangan pernah melakukan hal itu, ya!
5) Siswa: tentu, Pak.
Upacara dimulai semua siswa dan guru diam.

Sindiran dalam teks di atas terdapat pada kalimat ke.…
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
e.    5
C
Petunjuk
Sindiran dapat diungkapkan melalui perbandingan, pengandaian, antonim, dan ungkapan.
Pembahasan
Sindiran dituangkan dalam kalimat ke-3 yaitu menyindir pengeksploitasi hutan untuk kepentingan pribadi yang tidak pernah mengenyam pendidikan.

7. Bacalah teks di bawah ini!
Kerbau menanyakan kehidupan kutu loncat.
Kerbau : Mengapa hidupmu selalu berpindah-pindah
Kutu: saya mencari makan
Kerbau: apa tidak merasa capek? Dan mengapa kau selalu lompat?
Kutu: aku tidak merasa capek dan aku harus melompat karena kalau saya tidak melompati
orang, makananku akan habis karena aku harus memberi setiap orang yang kulewati.
Kerbau: iya, juga. Sayang sekali, saya tidak bisa melompat.
Kutu dan kerbau melanjutkan tugas masing-masing.
Bahasa sindiran diungkapkan melalui….
a.    Antonim
b.    Sinonim
c.    Ungkapan
d.    Pengandaian
e.    perbandingan
E
Petunjuk
untuk menyindir seseorang, bahasa yang digunakan adalah pengandaian, antonim, sinonim, dan ungkapan.
Pembahasan
Kutu mengandaikan jika dia harus jalan lurus, ia harus memberi sedekah setiap dia bertemu dengan orang lain. Sindiran ini tentang kasus suap-menyuap.

8. Bacalah teks di bawah ini!
Adi nonton TV bersama bapaknya di ruang keluarga. Ia mengikuti berita agar tidak ketinggalan informasi. Berita Politik
Adi: Pak, itu teman saya waktu kuliah dulu!
Bapak: yang mana?
Adi: Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!
Bapak: tak ada, hanya pakai kaos KPK.
Adi: itu kan mahal, Pak. Kalau kita mana bisa pakai baju seperti itu?
Bapak: Kamu mau seperti itu?
Adi: hahahaha
Bapak: hahaha
(Adi tertawa bersama bapaknya).
Pertanyaan retoris yang terdapat dalam teks di atas adalah .…
a.    Pak, itu teman saya waktu kuliah dulu!
b.    yang mana?
c.    Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!
d.    itu kan mahal, Pak. Kalu kita mana bisa pakai baju seperti itu?
e.    Kamu mau seperti itu?
E
Petunjuk
Pertanyaan retoris adalah pertanyaan yang tidak perlu jawaban.
Pembahasan
Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban adalah Kamu mau seperti itu?




9. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1). Mahasiswa menjawab Mau Perjuangkan nasib Rakyat
(2). Perkuliahan dimulai
(3). Pak Dosen menggelengkan kepala
(4). Pak dosen bertanya pada mahsiswa lain
(5). Mahasiswa lain menjawab “Majelis Permusyawaratan Rakyat”
(6). Pak guru bertanya kepada salah satu mahasiswa, kepanjangan MPR
(7). Suasana kelas tenang
(8). Kuliah berakhir.
Kalimat di atas jika disusun menjadi teks anekdot adalah ….
a.    2,7,4, 5,3,6,8,1
b.    2, 4,5, 7,3,6,1,8
c.    5,2,7,6,4,3,1,8
d.    2,7,4,6,1,3,5, 8
e.    2,7, 6, 1, 3, 4,5,8
E
Petunjuk
Topik yang bisa dikembangkan menjadi teks anekdot adalah topik yang bisa dijadikan hal yang lucu/konyol/jengkel.
Pembahasan
Kerangka karangan teks anekdot tersebut adalah 2,7, 6, 1, 3, 4,5,8.




10. Berikut ini unsur kelucuan yang sesuai dengan topik ‘Buaya Dikadalin” adalah….
a.    Seorang pencuri yang kena tipu.
b.    Orang mancing yang jatuh di sungai.
c.    Petugas sampah yang jatuh di tumpukan sampah.
d.    Warga yang tidak bersalah dihukum tapi dikatakan adil.
e.    Ada orang yang melihat buaya yang mirip kadal.
A
Petunjuk
Unsur lucu adalah hal yang menggelitik.
Pembahasan
Unsur lucu ‘Buaya Dikadalin’ adalah seorang pencuri yang kena tipu.


11. Berikut ini adalah amanat yang sesuai dengan unsur lucu: ‘UUD yang diplesetkan menjadi ujung-ujungnya duit’ dalam teks anekdot adalah.…
a.    Sebagai warga Negara Indonesia, kita harus menghormati UUD.
b.    Demi kenyamanan, peraturan harus dilaksanakan bersama-sama.
c.    Peraturan harus ditegakkan, tidak boleh kalah dengan uang.
d.    Semua peraturan yang ada harus berdasarkan UUD.
e.    Penegak keadilan harus menguasai UUD.
C
Petunjuk
Amanat adalah pesan moral atau ajaran.
Pembahasan
Teks anekdot yang memiliki unsur lucu ‘UUD yang diplesetkan menjadi ujung-ujungnya duit’ adalah peraturan harus ditegakkan, tidak boleh kalah dengan uang.





12.    Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!
(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)
(1)    Irwan : Selamat siang, Pak.
(2)    Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
(3)    Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan.
(4)    Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal)
Ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
(5)    Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kandang Badak, Gunung
Pangrango, Cibodas.
(6)    Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
(7)    Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina
sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.
(8)    Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.
(9)    Irwan : Terima kasih, Pak.
Proses tawar-menawar antara Irwan dan kepala sekolah terjadi pada nomor….
a.    1,2,3,4
b.    5,6,7,8
c.    7,8,9,10
d.    3,4,5,6
e.    2,3,4,5
B
Proses tawar-menawar ada pada bagian isi teks negosiasi. Carilah bagian yang menunjukkan isi!
Explanation
Teks negosiasi bukan bagian dari jual beli sehingga bagian teks tersebut hanya terdiri atas tiga bagian: pembukaisipenutup. Bagian pembuka atau orientasi muncul pada nomor 1 – 4. Bagian isi ada pada nomor 5 – 8. Bagian penutup muncul pada nomor 9 dan 10. Proses tawar-menawar ada pada bagian isi.


13.    Perhatikan kutipan dialog berikut!
Pramuniaga : Sebentar, Kak, saya cek dulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima juta, gratis micro sd 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.

Calon pembeli : Wah, itu kemahalan, Mbak. Ini kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya…

Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah….
a.    Mengucapkan salam – membalas salam
b.    Bertanya – menjawab /tidak menjawab
c.    Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan
d.    Menawarkan – menerima/menolak tawaran
e.    Mengusulkan – menerima/menolak usulan.
D
Pahamilah maksud isi dialog di atas, apakah mengucapkan salam, bertanya, meminta tolong, menawarkan, atau mengusulkan.
Explanation
Pasangan tuturan yang tepat yang muncul pada kutipan dialog di atas adalah pramuniaga menawarkan barang yang diminta oleh calon pembeli disertai dengan harga dan hal-hal yang didapatkan pembeli. Kemudian, calon pembeli menolak tawaran tersebut dengan mengatakan bahwa harga yang ditawarkan terlalu mahal.


14.    Di dalam teks negosiasi, bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mau memenuhi permintaan kita adalah .…
a.    imperatif
b.    interogatif
c.    informatif
d.    persuasif
e.    deklaratif
D
Pahami lebih mudah dengan mengetahui bentukan asal kata yang dimaksud. Apa bahasa inggrisnya mengajak?
Explanation
Bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mengikuti dan memenuhi permintaan kita disebut juga dengan persuasi (persuasif). Persuasif adalah bagian dari jenis komunikasi yang dilakukan dengan etika dan ditujukan untuk memengaruhi dan mengubah sikap dan perilaku seseorang agar bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.



15.    “Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini.”
Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat .…
a.    interogatif
b.    eksklamatif
c.    persuasif
d.    deklaratif
e.    imperatif
C
Perhatikan pilihan kata yang digunakan di dalam teks tersebut karena ciri kalimat dapat dilihat dari penggunaan kata!
Explanation
Jika kita analisis pemilihan kata dalam teks di atas, akan terlihat kata-kata yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pihak komunikan agar mau melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diinginkan pihak komunikator, yaitu Bapak tidak akan rugi beli di sini. Kata-kata bujukan pun disertai dengan kata-kata yang kembali menguatkan ajakan tersebut, yaitu ini sudah paling murah, di tempat lain bisa lebih mahal. Dengan demikian, dapat kita pastikan bahwa teks di atas berbentuk persuasif.


16.    Cara yang baik untuk mengemukakan argumentasi agar pihak lain merasa yakin adalah dengan cara ….
a.    Menggunakan istilah-istilah ilmiah
b.    Santun dalam mengemukakan pendapat
c.    Bersikap arogan
d.    Melakukan ancaman
e.    Menyanjung secara berlebihan
B
Ingat kembali salah satu ciri kebahasaan teks negosiasi!
Explanation
Argumentasi harus dilakukan dengan cara yang santun dan alasan yang masuk akal agar orang percaya dan mau mengikuti kehendak kita. Santun berarti tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain. Sanjungan pun selama tidak berlebihan dapat juga dikatakan sebagai bahasa yang santun.


17.    Berikut ini yang termasuk kalimat yang santun dalam bernegosiasi adalah .…
a.    Bapak harus turuti permintaan kami atau kami akan melakukan mogok kerja mulai sekarang.
b.    Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami.
c.    Kami sudah lelah bekerja seperti ini. Gaji yang Anda berikan jauh dari kata layak.
d.    Hanya bapak yang dapat hidup enak, sedangkan kami, para buruh, hidup serba kekurangan.
e.    Seharusnya Anda paham bahwa gaji yang Anda berikan belum sesuai dengan UMR.
B
Perhatikan pilihan kata pada setiap kalimat!
Explanation
Kalimat yang santun memiliki ciri penggunaan kata-kata yang bersifat merendah, tidak memerintah, dan juga menghadirkan kata-kata bernada positif (amelioratif). Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami. Itu adalah kalimat yang tepat sebagai bentuk kalimat yang santun karena menggunakan kata mohon untuk menunjukkan kerendahhatian, begitu pula dengan kata sudi mempertimbangkan.



18.    Berikut ini yang termasuk contoh kalimat deklaratif adalah .…
a.    Sebaiknya Anda periksa dahulu barangnya.
b.    Berapa harga yang Anda tawarkan untuk barang ini?
c.    Ini harganya sudah murah. Stok terbatas. Beli sekarang sebelum kehabisan.
d.    HP ini keluaran terbaru dengan sistem androsid kitkat dan dilengkapi prosesor octa core.
e.    Luar biasa, belanja di toko bagas.com barang cepat sampai!
D
Cari pilihan kata yang bersifat menerangkan karena itu adalah ciri kalimat deklaratif!
Explanation
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang memberitakan sesuatu kepada komunikan. Isi deklaratif dapat berupa sebuah berita atau pernyataan tanpa mengharapkan feedback dari komunikan. Sebaiknya, Anda periksa dahulu barangnya.Kalimat tersebut berbentuk imperatif yang disuguhi saran.  Berapa harga yang Anda tawarkan untuk barang ini? Kalimat tersebut berupa kalimat interogatif.  Ini harganya sudah murah. Stok terbatas. Beli sekarang sebelum kehabisan. Kalimat tersebut termasuk persuasif.  HP ini keluaran terbaru dengan sistem androsid kitkat dan dilengkapi prosesor octa core. Kalimat tersebut termasuk kalimat deklaratif.  Luar biasa, belanja di toko bagas.com barang cepat sampai! Kalimat tersebut termasuk kalimat eksklamatif.

19.    Perhatikan teks negosiasi berikut!
(1). Pengembang : Bagaimana, Pak? Tertarik dengan tawaran kami yang kemarin? Tanah Bapak kami beli seharga 3 juta per meternya.
(2). Pemilik tanah : Tidak tertarik, kecuali jika Anda berani menaikkan harga jualnya menjadi lima juta per meter.
(3). Pengembang : Kami sudah taksir nilai investasi tanah Bapak. Lima juta itu diluar prospek kami. Baiklah, saya berani tawarkan 3,5 juta per meter. Ini sudah cukup tinggi mengingat warga yang lain melepas tanahnya hanya dengan harga 2,5 juta per meter.
(4). Pemilik tanah : Lima juta dan kita deal.
(5). Pengembang : Keputusan ada di tangan Bapak. Kami hanya menyarankan untuk secepatnya menerima tawaran kami, kecuali Bapak ingin nilai investasi tanah Bapak turun menjadi dua juta per meter. 3.5 juta atau kami tidak jadi membeli tanah Bapak.
Kalimat argumentasi pada teks negosiasi di atas ditunjukkan oleh nomor….
a.    1 dan 2
b.    2 dan 5
c.    3 dan 5
d.    1 dan 4
e.    3 dan 4
C
Untuk melihat teks mana yang berupa argumentasi, lihat isi teks yang berisi alasan dan pembuktian.
Explanation
Kalimat argumentasi adalah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan alasan dan pemberian bukti untuk meyakinkan pihak lain. Dalam teks di atas, kalimat argumentasi muncul pada No. 3 dan 5. Pada kalimat No. 3 dan 5 terdapat alasan-alasan untuk meyakinkan pemilik tanah (komunikan) agar mau melepas tanahnya.


20.    Bahasa pertanyaan yang sering muncul dalam teks negosiasi disebut .…
a.    deklaratif
b.    interogatif
c.    persuasif
d.    argumentatif
e.    imperatif
B


21.    Ciri kebahasaan yang muncul pada kalimat interogatif adalah adanya penggunaan .…
a.    verba tingkah laku
b.    konjungsi temporal
c.    verba material
d.    pronomina
e.    interjeksi
D
Untuk memahami ciri kebahasaan kalimat interogatif, kalian harus ingat kata-kata yang dipakai dalam kalimat tanya.
Explanation
Ciri kebahasaan yang muncul pada kalimat interogatif adalah pronomina. Pronomina atau kata ganti yang memiliki tiga jenis, yaitu kata ganti orang, kata ganti tanya, dan kata ganti tunjuk. Contoh kata ganti tanya adalah apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, berapa. Kata-kata inilah yang digunakan untuk membentuk kalimat interogatif.


22.    Jika kalian melakukan negosiasi jual beli, kalimat yang tepat dan santun untuk digunakan dalam penawaran adalah .…
a.    Wah, mahal, turunin lah harganya!
b.    Mungkin kalau bisa, harganya diturunkan lagi Pak, boleh?
c.    Apa? Mahal sekali? Anda merampok saya. Turunin ya!
d.    Toko sebelah lebih murah. Kalau tidak diturunkan, lebih baik saya membeli di sebelah saja.
e.    Kemahalan, Pak. Turunin harganya ya? ya! ya!
B


23.    Salah satu bentuk konjungsi pengandaian adalah, kecuali .…
a.    jika
b.    kalau
c.    karena
d.    andai
e.    bila
C
Carilah satu kata yang tidak memiliki makna pengandaian atau persyaratan!
Explanation
Konjungsi pengandaian adalah konjungsi antarklausa yang digunakan untuk memberikan makna pengandaian atau persyaratan. Ada banyak jenis konjungsi pengandaian, yaitu jika, kalau, jikalau, bila, apabila, bilamana, andai, seandainya, andaikan, andaikata. Oleh karena itu, kata yang tidak termasuk ke dalam bentuk konjungsi pengandaian adalah karena. Kata karena termasuk ke dalam konjungsi penanda sebab.



24.    Pada hari Senin ada seorang pemuda menemui bagian personalia di perusahaan percetakan.

Yos : "Selamat Pagi. Saya calon pegawai yang kemarin dipanggil untuk menjalani tes wawancara sebagai kepala gudang Pak. Begini Pak, kebetulan pada hari Rabu saya menghadiri upacara pernikahan adik saya. bolehkah tes wawancaranya saya lakukan besok?”

Pegawai: "Kalau tidak bisa besok berarti Bapak gugur sebagai calon pegawai di sini?”

Yos : "Jangan Pak, sebagai kompensasi Saya boleh ditempatkan di bagian mana saja asalkan saya tetap diterima di sini pak.”

Pegawai: " Baiklah akan saya catat di sini.”


Yos : "Baik. Terima kasih atas kebaikannya Pak. Saya Permisi dulu.”
(mereka berdua berjabat tangan dan Yos berpamitan).
Hal yang dilakukan Yos sehingga dia dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....
a.    Yos mengikuti tes wawancara pada hari Selasa.
b.    Yos meminta ijin tidak mengikuti tes wawancara pada pegawai di perusahaan percetakan.
c.    Yos membuat negosiasi bersedia ditempatkan di bagian mana saja dengan bagian personalian perusahaan.
d.    Yos menjadi wakil keluarga pada pernikahan adiknya.
e.    Yos memiliki jiwa kepribadian yang santun dan disiplin.
C

25.    Cetta : “Zra kemarin aku kan pesan power bank di Manda kamu tahu kan?”
Azra : “Ya, memangnya kenapa Cett? Apa barangnya rusak?”
Cetta : “Ternyata ayahku memberi aku hadiah power bank juga karena ulangan
bahasa Indonesiaku dapat 100. Aku bingung nih kan mubazir punya 2. Kamu mau
beli satu tidak?”
Azra : “Waduhh aku lagi gak punya uang nih Cett.”
Cetta : “Gimana kalau kamu bayar dua kali Zhra, asalkan kamu mau beli hehehe.”
Azra : “Oke deh. Wah kalau sudah kena rayuanmu Aku pansti nyerah deh.”
Cetta : “Terima kasih ya sahabatku tercinta.”
Menurut informasi pada teks di atas penyebab Cetta menjual power bank ke sahabatnya karena ....
a.    Cetta dibelikan power bank ayahnya padahal dia juga memesan di Manda.
b.    Azra menyetujui untuk melakukan dua kali pembayaran.
c.    Cetta dan Azra bersahabat.
d.    Harga power bank di Manda lebih murah.
e.    Cetta takut dimarahi ayahnya.
A
Mencari penyebab permasalahan berarti mencari topik permasalahan yang ada dalam teks.
Explanation
Penyebab permasalahan pada teks negosiasi di atas dapat kalian cari pada bagian pertama teks yaitu Cetta dibelikan power bank ayahnya padahal dia juga memesan di Manda. Permasalahan ini akhirnya menimbulkan kalimat argumentasi negosiasi antara Cetta menjual power bank yang dibeli di Manda. Manda awalnya tidak mau karena tidak punya uang akhirnya Cetta bernegosiasi untuk membayar dua kali angsuran. Hasil negosiasi tersebut akhirnya berupa persetujuan Manda untuk membeli power bank Cetta.



26.    Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 2
Bapak guru : “Pagi anak-anak! Silakan dikumpulkan tugas projek pembuatan naskah
drama yang bapak berikan satu bulan yang lalu.”
(Semua anak maju kecuali Ani)
Ani : “Pak, mohon maaf tugas saya tertinggal. Padahal tadi sudah saya siapkan karena
terburu-buru berangkat saya lupa memasukkannya ke dalam tas, Pak.”
Bapak guru : “Kan saya sudah bilang to, siapa saja yang tidak mengumpulkan pada
hari ini dengan alasan apapun nilainya 0.”
Ani : “Pada hari ini kan, Pak? Jadi, kalau saya kumpulkan nanti siang boleh, Pak?
Saya izin telp Mamah saya untuk mengantarkan ke sekolah, setelah itu saya langsung
memberikan ke Bapak. Bagaimana, Pak?”
Bapak guru : “Baiklah kalau begitu Ani. Bapak tunggu sebelum pukul 12.00
WIB,ya.”
Ani : “Baik, Pak terima kasih atas kemurahan hati Pak Ari.”
Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....
a.    Tugas projek naskah drama Ani tertinggal di rumah.
b.    Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.
c.    Ani meminta mamanya untuk mengantarkan tugas projek ke sekolah.
d.    Ani akan memberikan tugas projek pak Ari sebelum pukul 12.00.
e.    Ani meminta izin untuk menghubungi mamanya.
D

27.    Latar tempat parkiran mall. Seorang gadis akan memarkirkan sepeda motornya.
Tukang parkir : “Permisi Mbak , boleh saya lihat STNK-nya?
Gadis : “Astaga, saya lupa membawa Pak, ada di tas saya satunya.”
Tukang parkir : “Mohon maaf Mbak, Anda tidak bisa parkir di sini karena tidak
membawa STNK.”
Gadis : “Tolonglah Pak, adik saya sedang mengikuti lomba menyanyi di dalam!”
Tukang parkir : “Sebaiknya Anda parkir saja di luar Mbak.”
Gadis : “Begini deh Pak, ini KTP saya sebagai jaminan dan saya bersedia membayar
denda dua kali lipat asalkan saya bisa parkir di sini.”
Tukang parkir : “Baiklah mari ikut saya ke kantor .”
Gadis : “Iya pak, terima kasih atas bantuannya.”

Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....
a.    Membayar denda dua kali lipat.
b.    Memberikan KTP sebagai jaminan.
c.    Memberikan KTP sebagai jaminan dan membayar denda dua kali lipat.
d.    Menandatangani surat denda.
e.    Memarkir sepeda motor di luar mall.
C
Syarat negosiasi sama dengan mencari kalimat argumentasi yang dibuat. Biasanya terletak pada bagian kedua teks yaitu bagian isi negosiasi.
Explanation
Bagian pertama berisi topik permasalahan yaitu seorang gadis lupa membawa STNK sepeda motor, padahal syarat untuk bisa parkir adalah membawa STNK. Bagian kedua berisi kalimat negosiasi gadis itu menjaminkan KTP-nya dan membayar denda dua kali lipat sebagai kompensasi dia lupa tidak membawa STNK Bagian ketiga berisi simpulanmembayar denda di posko satpam dan memberikan KTP-nya sebagai jaminan.
Berdasarkan analisis soal maka ada dua syarat negosiasi yang harus dipenuhi yaitu menjaminkan KTP-nya dan membayar denda dua kali lipat.




28.    Dialog terjadi di ruang kelas SMA Maju Sekali ketika pergantian jam pelajaran.
Paijo : “Liburan semesteran besok enaknya kita pergi ke mana ya, Nah?”
Painah : “Bagaimana kalau kita pergi ke Taman Pintar, Jo?”
Paijo : “Iya aku juga setuju karena aku juga belum pernah ke sana.”
Painah : “Baiklah kalau begitu mulai besok kita mulai menabung ya supaya pasokan
uang saku kita berlimpah untuk liburan”
Paijo : “Siip lah. Stttt pak guru sudah datang.”
Paijo dan Painah segera menyiapkan buku pelajaran dan memulai belajar.
Kutipan teks di atas bukan termasuk teks negosiasi melainkan teks diskusi karena ....
a.    Tidak terdapat topik permasalahan yang dibahas.
b.    Tidak terdapat kalimat negosiasi.
c.    Tidak terdapat kalimat simpulan.
d.    Tidak terdapat kalimat argumentasi.
e.    Tidak terdapat pernyataan sebab dan akibat.
B
Interjeksi :kata yg mengungkapkan seruan


29. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!
Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai. “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”.Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam. Kapalnya selamat setelah dia membuang semua muatannya dengan bersusah payah .kejadiaan tersebut mengingatkan padanya kalau dia seorang ‘pelaut ulung’. Badailah yang membuatnya ulung. Pikirannya kembali kepada keluarganya.“Bagaimana kalau istri dan anakku yang kubuang? Apakah saya akan memperoleh ketenangan dan merasakan kebahagiaan?” ujar si pelaut. Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.
Kalimat yang menunjukkan abstraksi adalah…
a.    Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai
b.    “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”
c.    Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam.
d.    Badailah yang membuatnya ulung
e.    Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.
A
Petunjuk
Abstraksi adalah awal cerita.
Pembahasan
Abstraksi menunjukkan awal cerita yang dibangun. Pada paragraf tersebut, awal cerita dibangun pada kalimat pertama, yaitu Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai.




30. Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
Kalimat yang menunjukkan krisis adalah…
a.    Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas.
b.    “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
c.    Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto.
d.    ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”
e.    Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
D
Krisis adalah struktur anekdot yang menunjukkan konflik.
Pembahasan
Krisis adalah struktur anekdot yang berisi konflik. Krisis pada paragraf tersebut adalah ketika seorang anak berkomentar ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”.



31. Susunlah anekdot berikut ini sesuai dengan strukturnya!
(1). Bu guru pun tersenyum
(2). Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita?  Tanya Bu guru di depan kelas.
(3). Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
(4). Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
(5). Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
(6). Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
a.    1-2-3-4-5-6
b.    2-4-5-3-6-1
c.    2-4-3-5-1-6
d.    1-2-4-5-3-6
e.    3-2-1-4-5-6
B
Petunjuk
Menyusun anekdot dimulai dari abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda.
Pembahasan
Anekdot dimulai dengan pertanyaan bu guru di depan kelas. Berlanjut pada komentar seorang anak, kemudian dialog antara guru dan anak tersebut dan diakhiri dengan koda yang menunjukkan sang guru tersenyum menanggapi penjelasan sang anak.



32. Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
Pada anekdot tersebut, reaksi yang menjadi koda adalah …
a.    Tiba-tiba seorang anak berkomentar.
b.    Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
c.    Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya
d.    Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya
e.    Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi
B
Pembahasan
Tanggapan terjadi setelah konflik. Dalam paragraf tersebut tanggapan atau reaksi terjadi ketika sang anak memaparkan bahwa di jalan menuju rumahnya sduah banyak biopori akibat dari banjir yang maksud sesungguhnya adalah jalanan berlubang dan rusak. Tanggapannya adalah semua anak tertawa termasuk bu guru.



33. Bacalah teks di bawah ini!
Seorang ayah mengajari anaknya berenang. “Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak. “Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak”, jawab ayahnya. Sang anak gembira. Setelah beberapa hari latihan renang itu, sang ayah tampak bersedih sementara sang anak tampak gembira. “Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?” tanyanya. “Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak!”
Kalimat manakah yang menunjukkan orientasi?
a.    Seorang ayah mengajari anaknya berenang
b.    Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak.
c.    Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak
d.    Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?
e.    Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak
B
Petunjuk
Orientasi adalah peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Pembahasan
Kalimat “Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak merupakan orientasi karena kalimat tersebut menjadi gambaran situasi awal sekaligus alasan kenapa peristiwa tersbut terjadi.

34. Bacalah teks di bawah ini!
Singapura termasuk salah satu negara yang bersih. Siapa pun yang membuang sampah
sembarangan bisa didenda meskipun hanya membuang permen.
Suatu ketika si Azam sedang berlibur, tetapi tampaknya ia tak tahu akan adanya peraturan itu.
Ia sendirian sambil duduk di bangku. Kemudian ia mengeluarkan permen kesukaanya.
Karena permen sudah hampir habis, ia membuang permen itu begitu saja dan jatuh persis di
sisi kaki kanannya.
Tanpa disangka-sangka, tiba-tiba datang petugas dan menegur Azam dengan suara tegas.
“Tahukah Anda bahwa Anda telah melakukan pelanggaran?”
“Tidak tahu. Apa gerangan yang telah saya perbuat?” Jawab Azam.
“Anda telah membuang sampah sembarangan”, tegas petugas itu.
Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.”
Lalu, diambilnya permen itu serta langsung dimakan lagi.
Petugas itu hanya terbelalak keheranan. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.

Kalimat yang menunjukkan hal yang lucu/jengkel/konyol adalah ….
a.    Karena permen sudah hampir habis, ia membuang permen begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki kanannya.
b.    Tanpa disangka-sangka, petugas datang dan menegur Azam dengan suara tegas.
c.    “Anda telah membuang sampah sembarangan, tegas petugas itu.
d.    Petugas itu hanya terbelalak keheranan. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
e.    Lalu, diambilnya permen itu serta langsung dimakan lagi.

E
Petunjuk
Hal yang lucu adalah hal yang menggelitik.
Pembahasan
Hal yang menggelitik dari cerita tersebut adalah Azam yang membuang permen tapi diambilnya lagi dan diisapnya. Hal ini terdapat dalam kalimat ‘Lalu, diambilnya permen itu serta langsung diisapnya lagi’.


35. Berikut ini ciri penanda bahasa teks anekdot, kecuali.…
a.    memuat sindiran
b.    memanfaatkan kalimat retoris
c.    menggunakan bahasa yang puitis
d.    menggunakan peribahasa/ungkapan
e.    menggunakan konjungsi temporal dan sebab akibat
C
Petunjuk
Penanda bahasa teks anekdot adalah ciri bahasa yang bisa membedakan teks anekdot dengan teks yang lain.
Pembahasan

Ciri bahasa teks anekdot sebagai berikut :
• Menggunakan kata kias atau konotasi (tidak memiliki makna sebenarnya)
• Mengandung kalimat sindiran yang diungkapkan dengan pengandaian, perbandingan, dan lawan kata atau antonim
• Menggunakan pertanyaan retoris
• Memanfaatkan kalimat yang menyatakan ajaran moral/pesan kebaikan
• Menggunakan konjungsi temporal dan sebab akibat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar