Sabtu, 21 Oktober 2017

Soal latihan UNBK Bahasa Indonesia SMA

Soal latihan UNBK Bahasa Indonesia SMA

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf  A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia!
1.    Bacalah kutipan sambutan berikut dengan saksama!

Terima kasih saya ucapkan kepada panitia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan sambutan pada acara ini. Tema acara ini adalah “Katakan Stop Global Warning dan jadilah sahabat Bumi”. Oleh sebab itu, melalui sambutan ini saya mengajak rekan-rekan untuk menyelamatkan bumi dari global warning. Kita dapat menyelamatkan bumi dengan hal-hal yang kecil, misalnya menanam tanaman di sekitar rumah. Tanaman dapat mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Dengan adanya tanaman, gas efek rumah kaca dapat dikurangi. Selain itu, kita dapat menghemat energi. Kita dapat berjalan kaki atau bersepeda untuk mengunjungi suatu tempat yang jaraknya dekat. Sedapat mungkin kita harus mengurangi pembakaran, misalnya membakar sampah atau tanaman.

Isi kutipan sambutan tersebut adalah ....
A.    dampak pemanasan global
B.    penyebab pemanasan global
C.    cara sederhana mengurangi pemanasan global
D.    cara menghentikan pemanasan global
E.    mengurangi pemanasan global dengan menanam tanaman

2.    Bacalah penggalan khotbah berikut dengan saksama !

…..
Sumber daya alam dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan tetap memperhatikan kelestarian fungsi lingkungan hidupnya dengan demikian,sumber daya alam memiliki peran ganda,yaitu sebagai modal pembangunan(economic resource) dan sekaligus sebagai penopang sistem kehidupan(life support system).Atas dasar fungsi ganda itu,sumber daya alam senantiasa harus dikelola secara seimbang untuk menjamin keberlanjutan pembangunan nasional. Berbagai permasalahan masih banyak dihadapi dan harus diselesaikan. Permasalahan itu antara lain tingginya potensi konflik kepentingan antarpihak,penipisan cadangan sumber daya alam,masih lemahnya kelembagaaan,penegakan hukum yang tidak selalu mudah dipecahkan,rentang waktu yang cukup panjang antara kegiatan pembangunan dengan munculnya dampak lingkungan,serta rendahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghematan sumber daya alam dan pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Ringkasan dari penggalan khotbah di atas adalah….
A.    Sumber daya alam sangat penting karena memiliki peran ganda
B.    Pemanfaatan sumber daya alam harus memperhatikan kelestarian lingkungan  hidup.
C.    Masyarakat harus selalu meggunakan sumber daya alam sehemat-hematnya
D.    Sumber daya alam harus bisa menjamin berkelanjutan pembangunan nasional
E.    Masih banyak permasalahan yang harus dihadapi dalam melestarikan lingkungan hidup

3.    Bacalah kutipan sambutan berikut dengan saksama !

Siswa-siswi yang saya cintai. Selama ini nama sekolah kita dikenal masyarakat karena prestasi, baik dibidang intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Saya merasa bangga karena kalian dapat bekerja sama untuk memajukan sekolah ini. Misalnya, dalam program terbaru sekolah kita yaitu penanaman pagar hidup di belakang sekolah. Program ini bertujuan untuk menghijaukan sekolah kita. Selain itu, tanaman tersebut dapat mengurangi karbonmonoksida yang dihasilkan oleh sepeda motor kita. Saya berharap program seperti ini dapat dilakukan di tempat lain, tidak hanya di lingkungan sekolah.
          Inti kutipan sambutan tersebut  adalah ….
A.    program penghijauan di sekolah
B.    keharuman nama sekolah
C.    penurunan prestasi siswa
D.    penghargaan terhadap prestasi siswa
E.    kebanggaan guru pada prestasi siswa

4.    Bacalah penggalan khotbah berikut dengan saksama !
Pendidikan budi pekerti perempuan semata-mata ditujukan untuk keperluan laki-laki. Segala sifat lemah itulah dijadikan sifat perempuan mesti pendiam. Berjalan perempuan tidak boleh lekas-lekas. Berbicara dan tertawa tidak boleh keras-keras. Dalam segala hal ia harus. Dengan jalan demikianlah, maka perempuan kita sekarang tidak berharga sedikit jua pun. Segala sifat-sifatnya sebagai manusia menjadi lemah oleh didikan masyarakat dan orang tua yang semata-mata menuju ke arah perkawinan. Dan dari perempuan yang telah dimatikan semangatnya seperti itu, orang masih berani berharap lahirnya sesuatu keturunan yang kuat. Adakah, saudara-saudara permintaan yang lebih gila daripada itu ?

Kesimpulan penggalan khotbah di atas adalah….
A.    Perempuan bukanlah sosok manusia yang lemah, tetapi mereka adalah manusia yang dapat bersemangat dalam hidupnya.
B.    Pendididkan budi pekerti yang ditujukan khusus pada kaum perempuan adalah pendidikan yang tergolong gila.
C.    Kaum perempuan hanya akan dipersiapkan sebagai pendamping hidup kaum pria.
D.    Kaum perempuan tidak bisa diberi pendididkan budi pekerti yang akan melemahkan semangat hidupnya.
E.    Pendididkan budi pekerti perempuan yang semata ditujukan untuk keperluan laki-laki menjadikan perempuan sebagai manusia yang lemah.

5.    Bacalah kutipan wawancara berikut dengan saksama !

Wartawan    : Apakah alternatif  pengganti bagi pengendara sudah siap ?
Narasumber: Pengadaan tambahan bus sedang dan bus transjakarta paling cepat sekitar  bulan Oktober atau November.
Wartawan    : Menurut Anda apakah program ganjil-genap bisa dilaksanakan di tengah masyarakat Jakarta ?
Narasumber : Hal itu bisa dilaksanakan asal masyarakat diberikan alternatif pengganti bagi pengendara. Jangan sampai seperti kartu sehat kemarin. Sudah siap diterapkan sebelum sarana pendukungnya siap.
Wartawan    : Apa harapan Bapak dengan adanya program plat nomor ganjil-genap ?
Narasumber: Pemerintah berharap ini dapat mengurangi kendaraan yang masuk ke Jakarta. Jadi, paling tidak kemacetan Jakarta dapat sedikit teratasi.



Isi pokok wawancara tersebut adalah ....
A.    Program penambahan armada
B.    Program pengadaan kartu sehat
C.    Program memberikan alternatif
D.    Program penanggulangan kemacetan
E.    Program pelaksanaan plat nomor ganjil-genap

6.     Bacalah kutipan wawancara berikut dengan saksama !

Wartawan         :Sebagai pemimpin, bagaiman cara Bapak mengerahkan warga untuk menanggulangi sampah di desa ini ?
Narasumber     : Dalam menanggulangi sampah saya berkoordinasi dengan warga desa  untuk memisahkan sampah organik dan sampah anorganik.
Wartawan         : Untuk apa pemisahan itu dilakukan ?
Narasumber     : Sampah anorganik yang bermanfaat, dibuat karya oleh ibu-ibu seperti tas, hiasan dinding, dan lain-lain. Sampah organik dikumpulkan untuk dibuat pupuk.
Wartawan         : Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap usaha ini ?
Narasumber     : Mereka antusias dan hasilnya pun cukup memuaskan. Bisa menambah pendapatan warga.

Rangkuman wawancara tersebut adalah ....
A.    Pemanfaatan sampah.
B.    Sampah organik dan sampah anorganik.
C.    Sampah organik diubah menjadi pupuk.
D.    Tanggapan masyarakat mengenai cara mengatasi sampah.
E.    Penanganan sampah dengan cara pemilahan bermanfaat bagi warga.

7.    Bacalah artikel berikut dengan saksama !
Perkembanhgan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju. Di era globalisasi ini banyak kemudahan, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan dengan adanya handphone, internet, kalkulator, mesin cuci, komputer dan alat tranportasi serta beragam kemudahan lainnya yang membuat seseorang bergantung pada alat-alat tersebut. Begitu pula dengan siswa di sekolah. Zaman modern serba instan ini membawa dampak terhadap kehidupan sehari-hari siswa. Siswa ingin mendapat nilai bagus tanpa berusaha belajar sungguh-sungguh misalnya, mustahil dapat berhasil.
                                                                     

           Pokok isi artikel tersebut adalah ...
A.    Budaya instan di kalangan masyarakat dan pelajar.
B.    Perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi membawa dampak positif.
C.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak selalu memberi dampak positif.
D.    Pelajar kurang memedulikan proses dalam mendapatkan hasil belajar.
E.    Tanpa proses belajar yang sungguh-sungguh, mustahil bagi pelajar menjadi orang sukses.

8.    Bacalah  artikel  berikut  dengan saksama !
Minat para siswa di bidang penelitian makin tinggi. Terbukti tahun ini jumlah siswa di DIY yang memperoleh medali pada lomba penelitian dan karya ilmiah tingkat nasional meningkat dibanding tahun lalu. Bahkan, siswa yang memperoleh medali tidak melulu dari sekolah favorit di wilayah kota tapi hampir merata di semua kabupaten. Siswa yang mendapat medali tidak hanya dari sekolah di wilayah kota tapi merata ada dari sekolah di Gunungkidul, Sleman, dan Kulonprogo.
                                                                               Sumber: Kedaulatan Rakyat, 15 Oktober 2016





Pokok isi artikel tersebut adalah ....
A.    Siswa bangga memperoleh medali.
B.    Tingginya minat siswa di bidang penelitian.
C.    Siswa yang memperoleh medali dari Sleman.
D.    Menurunnya minat para siswa untuk meraih medali.
E.    Medali pada lomba penelitian dan karya ilmiah tidak merata.

9.    Bacalah artikel berikut dengan saksama !
Masalah disiplin jika kita kaji merupakan persoalan rasa yang dekat dengan spiritualitas seseorang. Jika disederhanakan disiplin merupakan perilaku individu yang bias memenuhi janjinya. Orang yang membiasakan diri berdisiplin kepada dirinya sedndiri dipastikan akan memiliki nilai disiplin kepada pihak lain. Pendisiplinan(menurut Wikipedia) adalah usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan menaati sebuah peraturan.

Hal yang menarik dari artikel tersebut adalah ....
A.    nilai-nilai
B.    kataatan
C.    kecerobohan
D.    kesederhanaan
E.    kedisiplinan

Bacalah paragraf berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 10 dan 11 !

(1)    Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi profesional. (2) Salah satu yang dikembangkan dalam pendidikan tinggi dalam keprofesian adalah yang disebut program diploma, mulai dari D1 sampai dengan D4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. (3) Konsentrasi pendidikan profesi, yaitu para mahasiswa lebih diarahkan kepada minat menguasai keahlian tertentu. (4) Dalam bidang keahlian dan keprofesian khususnya Desain Komunikasi Visual terdapat jurusan seperti Desai Grafis untuk D4 dan Desai Multimedia untuk D3 dan Desain Perikanan D3. (5) Pendidikan biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.

10.    Kalimat utama  paragraf  tersebut adalah kalimat nomor ....
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)
E.    (5)

11.    Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama  dalam paragraf tersebut adalah nomor....
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)
E.    (5)












12.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

Pertama yang perlu kita lakukan dalam mengarang adalah menentukan topik. Kemudian langkah berikutnya adalah menyusun kerangka karangan berdasar topik tersebut. Kerangka karangan yang sudah kita susun tersebut lalu kita kembangkan menjadi  bentuk karangan utuh. Adapun langkah yang terakhir adalah melakukan penyuntingan dan pemilihan judul yang tepat. Jadi, itulah langkah-langkah yang perlu kita lakukan dalam menulis karangan.

Jenis paragraf di atas adalah ....
A.    deskripsi
B.    narasi
C.    argumentasi
D.    deduktif
E.    induktif

13.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama !
         Manusia yang memiliki ilmu yang luas akan merasa dirinya tidak memiliki apa-apa. Dia merasa dirinya banyak kekurangan, banyak orang yang lebih pintar daripada dirinya. Ia pun merasa kecil. Bila berjalan dia akan merunduk. Sama halnya dengan setangkai padi. Padi itu bila butirnya makin berisi, makin berat sehingga tangkainya tidak kuat menahan, dan akhirnya tangkai menjadi merunduk.
          
          Kalimat  kesimpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah ...
A.    Begitulah bila padi itu berisi, bulirnya semakin berat dan tidak akan kuat tangkainya menahan.
B.    Contohlah ilmu padi bila Anda tidak dikatakan seorang sombong dan tidak memiliki ilmu.
C.    Ilmu itu akan berguna bila diamalkan seperti halnya bulir padi yang berbuah bernas (padat)
D.    Demikianlah kesamaan padi dan diri seseorang yang tidak memiliki rasa sombong dan tinggi hati.
E.    Jadi, orang yang berilmu luas sama halnya dengan tangkai padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin merunduk.

Bacalah paragraf berikut dengan saksama untuk menjawab soal
nomor 14, 15, dan 16 !

(1)    Di bagian belakang pasar berderet kios-kios  yang sebagian besar dibiarkan terbuka tanpa penutup. (2) Tidak jauh dari situ tampak tumpukan sampah yang menggunung dan meluber hingga ke depan kios. (3) Kotoran dan sampah pun menumpuk di dalam kios. (4) Kesibukan orang-orang bertransaksi sudah terlihat. (5) Bau busuk sampah menyengat tercium di mana-mana.

14.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor ...
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)
E.    (5)

15.    Kalimat penjelas yang  tidak mendukung kalimat utama tersebut adalah kalimat
Nomor ....
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)
E.    (5)



16.    Jenis paragraf tersebut adalah paragraf ....
A.    narasi
B.    deskripsi
C.    deduktif
D.    induktif
E.    analogi

17.    Bacalah dengan cermat paragraf berikut !
Disiplin merupakan kata yang mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan apalagi menjadi perilaku. Di masa-masa Idul Fitri ini sangat terasa kata disiplin itu ditunjukan dalam perilaku yang sering menggambarkan suatu kenyataan yang kurang atau tidak mengenakkan. Disiplin menurut KBBI adalah tata tertib, ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan. Oleh sebab itu, banyak disiplin diartikan sebagai rasa atau perasaan patuh atau taat terhadap ketentuan, peraturan dan melakukan tugas pekerjaan yang menjadi wewenang dan tanggungjawab.

 Kesimpulan dari paragraf di atas adalah….
A.    Di masa-masa Idul Fitri ini sangat terasa kata disiplin itu ditunjukan dalam perilaku yang sering menggambarkan suatu kenyataan yang kurang atau tidak mengenakkan.
B.    taat terhadap ketentuan, peraturan dan melakukan tugas pekerjaan yang menjadi wewenang dan tanggungjawab.
C.    Disiplin merupakan kata yang mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan apalagi menjadi perilaku.
D.    Disiplin menurut KBBI adalah tata tertib, ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan
E.    Banyak disiplin diartikan sebagai rasa atau perasaan patuh atau taat terhadap ketentuan, peraturan dan melakukan tugas pekerjaan yang menjadi wewenang dan tanggungjawab.

18.    Perhatikan bagian-bagian proposal berikut !

1.    Tujuan Kegiatan
2.    Tema kegiatan
3.    Waktu dan pelaksanaan kegiatan
4.    Nama kegiatan
5.    Sasaran / peserta
6.    Kepanitiaan
7.    Rencana anggaran
8.    Latar belakang
            Susunan proposal yang benar  adalah….
A.    4, 8, 1, 2, 5, 3, 6, 7
B.    1 ,2, 3, 4, 5, 6, 8, 7
C.    2, 1 ,3, 4, 5, 6, 7, 8
D.    1, 4, 2, 3, 5, 6, 8, 7
E.    4, 8 ,1, 2, 5, 3, 7, 6

19.    Bacalah dengan cermat kutipan surat kuasa berikut !
PT  Maju Lancar
Jalan Dewi Sartika 34, Jakarta
Telpon 12345678
Surat Kuasa
Nomor: 152/SK/11/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : Jiwa
Jabatan                       :  Direktur            
          Memberikan kuasa penuh kepada:
Nama                           : Lovi
Jabatan                       : Bendahara            
           Untuk mengambilkan uang di BRI sebesar Rp.100.000.000,00. Surat kuasa ini berlaku mulai tanggal 31  Oktober  2016  sampai dengan tanggal  3 Nopember  2016.
           Demikian surat kuasa ini  untuk segera  dipergunakan sebagaimana adanya.
                                                                                                                      

Penutup surat kuasa yang benar adalah ....
A.    Demikian suratn kuasa ini kami limpahkan kepada saudara agar segera dilaksanakan.
B.    Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sungguh-sungguh untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
C.    Demikianlah kuasa ini kami limpahkan untuk saudara agar segera dilaksanakan sebelum batas waktunya berakhir.
D.    Demikianlah surat kuasa ini kami sampaikan kepada saudara agar segera dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
E.    Demikianlah surat  ini kami sampaikan kepada saudara agar saudara segera melaksanakan kuasa ini  dengan sebaik-baiknya.

20.    Bacalah dengan cermat !

1.    Ada pihak penjual
2.    Ada pihak pembeli
3.    Ada identitas kedua belah pihak
4.    Ada pihak pemeberi  kuasa
5.    Ada pihak yang diberi kuasa
6.    Ada waktu dan tempat pembuatan perjanjian
7.    Ada pasal-pasal perjanjian jual beli

Unsur-unsur surat perjanjian jual beli tersebut adalah nomor ....
A.    1, 2, 4, 5, 6
B.    1, 2, 3, 6, 7
C.    1, 3, 4, 5, 6
D.    1, 4, 5, 6, 7
E.    1, 2, 3, 4, 5

21.    Bacalah dengan cermat bagian dari surat perjanjian jual beli berikut !

Pasal 3
Perjanjian jual beli ini disepakati dengan harga Rp 17.000.000,00 (tujuh belas juta rupaih). Jumlah tersebut akan dibayarkan secara tunai oleh pembeli kepada penjual pada waktu penandatanganan surat perjanjian ini, dengan tanda terima/kuitansi tersendiri yang disaksikan oleh beberapa orang saksi, dan selanjutnya penjual menyerahkan semua sertifikat kepada pembeli.

Isi pasal perjanjian jual beli dalam kutipan di atas mengemukakan ....
A.    penyerahan sertifikat jual beli
B.    uang biaya administrasi jual beli
C.    harga yang disepakati di depan saksi
D.    syarat-syarat yang harus dipenuhi pembeli
E.    pembayaran tunai yang diterima saksi-saksi

22.    Tema karya ilmiah : Belajar aktif dengan sistem kliping

Kalimat latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah ...   
A.    Dewasa ini siswa hanya menerima ilmu pengetahuan dari guru dan buku sumber.
B.    Kliping merupakan salah satu sumber pembelajaran yang selalu up to date.
C.    Dengan sistem kliping, siswa akan lebih aktif dan bersemangat dalam belajar.
D.    Konsep pembelajaran ini diterapkan agar orang tua tidak mengeluhkan mahalnya buku.
E.    Kliping merupakan konsep pembelajaran yang mudah dilaksanakan di setiap sekolah.








23.    Bacalah dengan cermat sumber buku berikut !

Judul buku              : Linguistik Umum
Penulis                    : Abdul Chaer
Tahun terbit            : 2007
Kota terbit              :  Jakarta
Nama penerbit       :  Rineka Cipta

Penulisan daftar pustaka yang benar untuk sumber buku di atas adalah ....
A.    Abdul, Chaer. Linguistik Umum. 2007. Jakarta : Rineka Cipta.
B.    Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
C.    Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
D.    Abdul, Chaer.  2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
E.    Abdul Chaer. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

24.    Bacalah dengan cermat sumber buku berikut !

Judul    Penulis    Penerbit    Tahun    Kota
1.    Teknologi Komunikasi    Rahma Farida    Bima    2006    Surabaya
2.    Komunikasi Massa    Aris Tata    Sapta    2007    Jakarta
3.    Komunikasi Sosial    Dian Rana    Septina    2009    Medan

Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah ...
A.    Rahma, Farida. 2006. Teknologi Komunikasi. Surabaya : Bima.
Aris,  Tata. 2007.  Komunikasi Massa . Jakarta :  Sapta.
Dian,  Rana. 2009. Komunikasi Sosial . Medan : Septina.
B.     Farida, Rahma. 2006. Teknologi Komunikasi. Surabaya : Bima.
Tata, Aris. 2007.  Komunikasi Massa . Jakarta :  Sapta.
Dian,  Rana. 2009. Komunikasi Sosial . Medan : Septina.
C.     Farida, Rahma. 2006. Teknologi Komunikasi. Surabaya : Bima.
Rana, Dian.  2009. Komunikasi Sosial. Medan : Septina.
Tata, Aris.  2007.  Komunikasi Massa.  Jakarta :  Sapta.
D.    Farida, Rahma 2006. Teknologi Komunikasi, Surabaya : Bima.
Rana, Dian,  2009. Komunikasi Sosial ,  Medan : Septina.
Tata, Aris. 2007,  Komunikasi Massa,  Jakarta :  Sapta.
E.    Farida, Rahma.  2006. Teknologi Komunikasi. Surabaya : Bima.
Rana, Dian. 2009. Komunikasi Sosial . Medan : Septina.
Tata, Aris. 2007.  Komunikasi Massa . Jakarta :  Sapta.


25.    Bacalah dengan cermat ilustrasi berikut !

Ketika membuat karya tulis, Riri mengutip sebuah kalimat dalam buku Kitab Bahasa Indonesia karangan Asul Wiyanto di halaman 179. Buku tersebut diterbitkan oleh penerbit Jogja Bangkit Publisher di Yogyakarta pada tahun 2012.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, penulisan catatan kaki yang benar adalah ...
A.    Asul Wiyanto, Kitab bahasa Indonesia (Yogyakarta:Jogja Bangkit Publisher, 2012), hlm 179.
B.    Wiyanto, Usul, Kitab Bahasa Indonesia (Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher, 2012), hlm 179.
C.    Asul Wiyanto, Kitab Bahasa Indonesia (Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher, 2012, hlm.179).
D.    Asul Wiyanto, Kitab Bahasa Indonesia (Yogyakarta:Jogja Bangkit Publisher, 2012), hlm 179.
E.     Wiyanto,  Asul. Kitab Bahasa Indonesia (Yogyakarta:Jogja Bangkit Publisher, 2012), hlm. 179.



Perhatikan penggalan drama berikut untuk menjawab soal nomor 26 sampai dengan nomor 29 !
Ny. Pratomo :     Seenaknya saja kamu tinggalkan kami mati. Dan, lihat apa yang kamu wariskan! Uang pensiunmu sebagai direktur SMU kalah besar dibanding gaji sopir bus malam. Lantas apakah hidupku mesti merosot? Dasar lelaki cupet pikiran. Kamu ini moralis yang kaku. Kamu menolak hadiah karena tidak mau dibilang koruspi. Apakah menerima hadiah itu mencuri? Inilah akibatnya. Aku dan anakmu hidup serba kekurangan.
Pak Saleh     :  (sambil menyapu)   
        Dan sejak Bapak wafat sampai sekarang saya belum dibayar.
Ny.Pratomo :  Kamu jangan ikut mengomel. Kami sudah mengangkat derajatmu                      dari orang goblok menjadi orang yang cukup pengetahuan.                       Sekarang kamu ikut mengomel lagi, hanya karena terlambat digaji                 beberapa bulan.
Pak Saleh      :  Terlambat enam bulan, Nyonya. Itu setengah tahun.
                                 (Buku Harian Seorang Koruptor, W.S. Rendra)

26.    Konflik yang tergambar dalam penggalan drama di atas adalah ….
A.    Terlambat membayar gaji pembantunya.
B.    Pegawai yang berani mengomeli majikannya.
C.    Kesulitan ekonomi akibat ditinggal mati suami.
D.    Kejengkelan Ny.Pratomo kepada pembantunya.
E.    Ny.Pratomo mengeluh karena kematian suaminya.

27.    Watak tokoh Ny. Pratomo dalam penggalan drama di atas adalah ….
      A. suka memarahi pembantu, sewenang-wenang, pelit
B. pemarah, menghalalkan segala cara, suka mengeluh.
C. kejam, sewenang-wenang, suka mengeluh.
D. menghalalkan segala cara, judes, pelit.
E. sewenang-wenang, pemarah, judes.

28.    Nilai moral yang sesuai dengan isi penggalan drama di atas adalah ….
A.    Perlakukan orang lain sesuai dengan kedudukannya.
B.    Seorang pembantu tidak boleh membantah majikan.
C.    Istri harus setia dan hormat kepada suami walaupun sudah meninggal.
D.    Jangan menghalalkan segala cara dalam mencari rezeki.
E.    Gajilah pembantu tepat waktu.

29.    Latar yang tergambar dalam penggalan drama di atas adalah ….
A.    di kamar depan
B.    sebuah kantor
C.    halaman rumah
D.    rumah pembantu
E.    rumah Ny. Pratomo

Perhatikan pengalan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 30 dan 31!
    “Hai, Saudaraku, Menteri, tolonglah apalah kiranya caharikan daku seorang tukang tenung yang pandai membuat guna-guna dan yang tahu melembutkan hati orang, supaya jangan aku dimurkai oleh Sang ratu dan supaya Sang Nata suka menurut kepada barang apa kata-kataku dan supaya ia kasih sayang akan daku lebih daripada yang lain-lainnya dan supaya Sang Ratu suka menurut pengajaranku dan boleh cinta akan daku.”
    Setelah itu, Menteri pun diberinya beberapa dinar dan harta benda. Setelah menerima itu, berangkatlah ia dengan segera, hendak mencaharikan tukang tenung itu, lalu berjalan masuk hutan, keluar hutan, masuk rimba, keluar rimba, serta melalui beberapa bukit dan padang. Di mana ada ajar atau tukang sihir yang sakti lalu disinggahinya.Siang malam tiada henti daripada berjalan dengan seorang dirinya.Berkawan tiada berani, karena takut, nanti terbuka rahasianya. Dari sebab hendak menolong dan kasih sayang pada saudaranya, lupalah ia akan takut, melainkan berjalan dengan seorang dirinya dan tidur di dalam hutan di bawah pohon yang besar-besar, serta menanggung kesengsaraan yang amat sangat. (Hikayat Panji Semirang)

30.    Watak tokoh Menteri yang tergambar dalam penggalan hikayat di atas adalah ….
A.    rela berkorban, pemberani, taat
B.    mata duitan, pemberani, egois
C.    jujur, pemberani, pendusta
D.    setia, taat, dan pemberani
E.    rela berkorban, pendusta, setia
31.Tema penggalan hikayat di atas adalah ….
A.    Kegigihan meraih keinginan.
B.    Kecemburuan terhadap orang lain.
C.    Kecerdikan seseorang dalam berusaha.
D.    Kejahatan yang terselubung.
E.    Kesungguhan menjalankan tugas.

Cermati kutipan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 32 dan 33!
Hatta, antara beberapa tahun lamanya, Paya Tu Naqpa pun sakitlah, dan menyuruh memalu canang pada segala daerah negeri: barang siapa cakap mengobati baginda sehingga sembuh, akan diambil menantu oleh Baginda. Tujuh hari lamanya, seorang pun tiada sanggup. Hatta, seorang Pasai yang bernama Syeikh Said pun menyatakan dirinya sanggup mengobati baginda dengan syarat. Jikalau baginda sembuh, Baginda mesti masuk agama Islam. Raja bersedia mengikuti segala syarat itu. Akan tetapi, sesudah sembuh, janji itu dipungkirinya.                            Hikayat Patani




32.     Isi kutipan hikayat tersebut adalah … .
A.    Raja menyuruh memalu canang untuk mencari obat.
B.    Raja sakit dan mengadakan sayembara
C.    Seorang pasai sanggup mengobati Baginda dengan syarat, walaupun akhirnya dipungkiri
D.    Orang yang sanggup mengobati akan mendapat hadiah.
E.    Berbagai cara ditempuh Paya untuk mencari obat.

33.    Amanat yang terkandung dalam kutipan hikayat tersebut adalah ...
A.    Seorang raja haruslah melindungi rakyatnya.
B.    Seorang raja harus selalu dekat dengan rakyatnya..
C.    Seorang raja harus percaya pada rakyatnya.
D.    Seorang raja  haruslah menepati janji yang diucapkan..
E.    Seorang raja jangan suka membohongi rakyatnya.

Perhatikan penggalan novel berikut untuk soal nomor 34 s.d. 37!

    Sejak kecil Abahnya sudah sering membangunkannya jam tiga pagi. Abah menggendong dan mengajaknya menikmati keindahan surgawi.Keindahan pesona langit, bintang gemilang, dan bulan yang sedemikian fitri.
    “Di atas sana ada jutaan malaikat yang sedang bertasbih.” Begitu kata Abahnya yang tak lain adalah Kiai Lutfi sambil menggendongnya. Ia tidak mungkin melupakannya.
    “Jutaan malaikat itu mendoakan penduduk bumi yang tidak lalai. Penduduk bumi yang mau tahajud saat jutaan manusia terlelap lalai.” Sambung Abah sambil membawanya ke masjid pesantren.
    Abah lalu mengajaknya untuk akrab dengan dinginnya mata air desa Wangen. Setelah mengambil air wudhu, Abah mengajaknya keliling pesantren, mengetok kamar demi kamar sambil berkata, “Shalat, shalat, shalat!” Setelah semua kamar diketuk, sang Abah mengajaknya kembali ke masjid untuk shalat. Beberapa orang santri ada yang sudah shalat. Ada yang masih mendengkur bersilmut sarung.
    “Ayo Nduk, kita berdoa biar diamini jutaan malaikat.” Dan tatkala fajar merekah kemerahan di sebelah timur, Abah bertasbih dan mengajaknya menikmati keindahan yang menggetarkan itu. Lalu dengan menggendongnya kembali, Abah mengajaknya keliling pesantren untuk kedua kalinya. Kali ini Abah membangunkan para santri dengan suara lebih keras, dengan nada sedikit berbeda.
                Ketika Cinta Bertasbih, Habiburrahman El Shirazi

34.    Watak tokoh “Abah” pada penggalan novel di atas adalah ….
A.    seorang kiai yang jujur dan disiplin
B.    disiplin dan keras dalam mendidik
C.    kiai yang keras, tegas, dan kolot
D.    penyayang kepada para santri
E.    penyabar, lembut, dan rajin

35. Amanat yang dapat dipetik dari penggalan novel di atas adalah ….
A.    Bangunlah lebih awal supaya tidak dijauhkan dari rezeki Allah.
B.    Dalam mendidik diperlukan kesabaran, kegigihan, dan kekerasan.
C.    Janganlah menunda-nunda pekerjaan yang dapat dikerjakan saat ini.
D.    Agar tubuh kita sehat, sebaiknya kita bangun tidur setiap jam tiga pagi.
E.    Pendidikan sebaiknya dilakukan sejak kecil dengan cara pembiasaan.

36.    Unsur intrinsik yang dominan dalam penggalan novel di atas adalah ….
A.    latar
B.    alur
C.    sudut pandang
D.    penokohan
E.    tema

37.    Nilai agama yang terkandung dalam penggalan novel di atas adalah ….
A.    Ajakan menjalankan salat malam.
B.    Membangunkan santri lebih pagi.
C.    Kebiasaan mengelilingi pesantren.
D.    Mempercayai adanya malaikat.
E.    Banyak berdzikir kepada Allah.

    Penggalan resensi berikut ini untuk soal nomor 38 s.d 39. Cermati dengan saksama!
    Kisah-kisah yang ditulis dalam novel ini sangat menarik.Namun, untuk memahaminya secara lebih mendalam, diperlukan pengetahuan sosial, psikologis, dan sains modern yang memadai. Latar belakang pengetahuan ini diperlukan untuk mendukung pemahaman perilaku tokoh sebagai makhluk sosial yang dibesarkan oleh suatu budaya tertentu dan secara psikologis dibesarkan oleh keyakinan, pengetahuan, harapan-harapannya. Tokoh kadang muncul berdasarkan pemikiran manusia yang sangat rasional, tetapi pada saat yang lain menjadi makhluk yang sulit dipahami.

38.    Penggalan resensi di atas mengungkapkan ….
A.    kelebihan
B.    kekurangan
C.    cara pengisahan
D.    penokohan
E.    kelebihan dan kekurangan






39.    Kutipan di atas adalah penggalan dari novel Supernova yang banyak bercerita tentang kehidupan manusia. Novel ini mengungkap apa dan bagaimana manusia itu, apa yang tersembunyi atau terlintas pada alam pikiran bawah sadarnya, juga pemikiran-pemikirannya, dan apa yang sudah diperbuat manusia di atas bumi.

    Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi novel di atas adalah ….
A.    bahasa
B.    tema
C.    isi 
D.    konflik
E.    amanat

40.    Cermatilah penggalan resensi berikut ini!
        Siapa di antara kita yang tidak kenal Putu wijaya ? Ia termasuk sastrawan Indonesia dengan banyak predikat : cerpenis, novelis, pemain drama, penulis naskah drama, sutradara teater, penulis skenario film, dan – terakhir juga menjadi – sutradara sinetron. Sebagai penulis drama, ia adalah penulis yang handal. Ini telah dibuktikan dengan sejumlah dramanya (antara lain Anu, Aduh, dan Dag Dig Dug) yang memperoleh penghargaan dalam Sayembara Penulisan Naskah Drama yang diadakan Dewan Kesenian Jakarta tahun 70-an.
Penggalan resensi di atas mengungkap masalah ... .
A.    riwayat pengarang
B.    kelebihan pengarang
C.    pekerjaan pengarang
D.    sejarah pengarang
E.    kepengarangan pengarang

Bacalah kutipan resensi berikut untuk menjawab soal nomor 41!
                    Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang  aktual dan  sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diterima akal sehat   serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan secara panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi, ceritanya tidak kabar. Sayang, pengarang sering mengulang-ulang kisah yang porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah

41. Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah....
A.    Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan.
B.    Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C.    Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan mengulanginya.
D.    Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain.
E.    Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca buku ini.




Bacalah kutipan novel berikut dengan cermat untuk soal nomor 42!
        Gadis Mesir itu bernama Maria. Ia juga senang dipanggil Maryam. Dua nama yang menurutnya sama saja. Dia putri sulung Tuan Boutros Rafael Girgis. Berasal dari keluarga besar Girgis. Sebuah keluarga Kristen Katolik yang sangat taat. Bisa dikatakan, keluarga Maria adalah tetangga kami yang paling akrab. Ya, paling akrab. Flat atau rumah mereka berada tepat di atas flat kami. Indahnya, mereka sangat sopan dan menghormati kami, mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Al Azhar.
        Maria gadis yang unik. Ia seorang Kristen Katolik atau dalam bahasa asli Mesirnya qibti, namun ia suka baca Al Quran. Ia bahkan hafal beberapa surat Al Quran. Di antaranya surat Maryam. Sebuah surat yang membuat dirinya merasa bangga.  Aku mengetahui hal itu pada suatu kesempatan berbincang dengannya di metro. Kami tak sengaja berjumpa. Ia pulang kuliah dari Cairo University, sedangkan aku juga pulang kuliah dari Al Azhar University.
“Hei, namamu Fahri, iya kan?”
        “Benar.”
       “Kau pasti tahu namaku, iya kan?”
       “Kau benar.”
                                                                Ayat-Ayat Cinta, Habiburahman El Shirazy, 2007

42    Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan buku sesuai dengan kutipan di atas adalah …
A.    Hal yang menarik diketengahkan oleh pengarang adalah nilai  kerukunan            beragama antarbangsa  yang selayaknya dimiliki setiap manusia.
B.    Keunggulan novel ini adalah menceritakan kehebatan anak Indonesia yang   sanggup  mengikuti  pendidikan tinggi di luar negeri.     
C.    Buku ini menceritakan pertemanan yang akrab antara dua remaja, sehingga cocok untuk dibaca  para remaja, baik laki-laki maupun perempuan.
D.    Kelebihan buku ini adalah menampilkan karakter tokoh Maria, yang suka
membaca AlQuran,  meskipun beragama Kristen Katolik.
E.    Buku ini bernilai positif dan dapat diteladani karena menampilkan tokoh yang
            kuliah di dua perguruan tinggi ternama  di kota Kairo. 

Bacalah penggalan resensi berikut untuk menjawab soal nomor 43 !
1Burung-Burung Manyar merupakan salah satu novel Romo Mangun yang terkenal.2 Novel ini mendapatkan tanggapan positif dari kritikus terkenal, HB Jassin. 3Pengarang cerita ini mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang banyak..4 Bahasanya segar, lancar, menarik, dan kontemporer. 5Yang agak renggang adalah penggunaan bahasa Jawa yang kadang sulit dipahami terutama pembaca yang tidak berlatar budaya Jawa. 6Isinya penuh pengalaman yang dahsyat, keras, dan kasar, tapi juga romantis penuh kelembutan dan kemesraan.

43.    Di dalam penggalan resensi di atas, berisi pengungkapan kelemahan  novel, yakni kalimat ke…
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
E.    5

44.    Perhatikanlah kutipan dialog drama berikut.
Citra: (Bangga) Sungguh pintar Mas…(Masuk Harsono, seorang pemuda perlente)
Harsono : (Duduk di atas meja Citra) "Apa salahnya, aku berkata yang benar saja bukankah anak pungut kita satu dapur ini sudah naik pangkat sekarang... jadi pelayan.
Sutopo : Harsono! Jangan bicara begitu!"
Pak Bondo : Selamat siang Tuan Muda." (kepada Citra) "Nak, persiapan rumah makan itu sudah hampir selesai."


Tokoh antagonis yang terdapat dalam kutipan dialog drama tersebut adalah ....
A. Citra
B. Sutopo
C. Pak Bondo
D. Harsono
E. Sutopo dan Harsono

45.    Perhatikanlah kutipan dialog drama berikut.
1) Bungsu : "Oo, rupanya dia begitu rindu pada bumi kelahirannya. Seluruh penjuru kota dipotreti semua. Tapi, kurasa Abang akan segera tiba. Dan sudahkah Bapak menjawab usul yang diajukannya itu?"
2) Bapak : "Itulah, itulah yang hendak kuputuskan sekarang ini, Nak."
3) Bungsu : "Nah, itulah dia!"
4) Sulung : ....
5) Bapak : "Begitulah, Nak, suasana kota yang sedang dicekam keadaan darurat perang."
6) Sulung : "Ya pertanda akan hilang keamanan, berganti huru-hara keonaran. Dan, mumpung masih keburu waktu, bagaimana dengan putusan Bapak atas usulku itu?"

     Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam penggalan naskah drama di atas     adalah....
A. "Huhuh, kota tercintaku ini rupanya sudah berubah wajah.Dipenuhi penghuni baju seragam menyandang senapan.Dipagari lingkaran kawat berduri.Dan wajahnya kini menjadi garang berhiaskan laras-laras senapan mesin.Tapi, di atas segalanya, kota tercintaku ini masih tetap memperlihatkan kejelitaannya."
B. "Bapak menjawab dengan penolakan, bukan?"
C. "Kita sedang dalam keadaan darurat perang, Nak. Dan dalam keadaan begini bagi seorang prajurit, kepentingan negara ada di atas segala. Bukan saja seluruh waktunya, bahkan juga jiwa raganya. Tapi, eh, mana abangmu sekarang?"
D. "Bapak yang baik. Bertahun sudah aku hidup di daerah pendudukan sana bersama beribu bangsa awak yang tercinta. Dan aku seperti juga mereka, tidak pernah merasa jadi budak belian ataupun tawanan perang. Ketahuilah, ya, Bapak, di sana kami hidup merdeka."
E. "Ah, tidak mengapa. Kau hanya sedang keletihan. Mengasolah dulu, ya, Abang. Mengasolah, kau begitu capek tampaknya. Bapak, biar aku pergi belanja dulu untuk hidangan makan siang.

46.    Perhatikanlah kutipan dialog drama berikut
Ibu : (tidak menoleh) "Malam lebaran Narto, dengarlah tabuh itu bersahut-sahutan. Pada malam lebaran seperti ini dia pergi, pergi dengan tidak meninggalkan kata..
Gunarto : (Agak kesal) "ayahnya"
Ibu : "Keesokan harinya, hari lebaran sesudah sembahyang aku memaafkan dosanya."
Gunarto : "Kenapa ibu ingat juga waktu yang lampau, mengingat kepada orang yang tak pernah lagi mengingat kita."
Ibu : (Memandang Gunarto) "Aku merasa ia masih ingat kita, Gunarto."

Konflik yang tergambar dalam penggalan drama tersebut adalah konflik ....
A. sosial
B. fisik
C. batin
D. budaya
E. alam

47.    Cermati teks drama berikut!
Hansip    : Itu nanti saya tanyakan pada Pak Lurah. Sekarang kalian harus bantu aku.
Paijo    : Apa yang bisa kami bantu Pak?
Hansip    : Di mana Juragan Bungkik?
Paijo    : Juragan Bungkik?
Rantamsari: ....
Hansip    : Kebiasaan perempuan kalau ditanya balik bertanya. Di mana Juragan Bungkik?
Rantamsari    : Tadi di sini, Pak, tapi tadi dia ikut lari.
Hansip    : Nah mestinya kalian tahu, mengapa dia lari,padahal kebun ini milik Juragan Bungkik. Aneh, kan?



Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah ...
A.    Tadi lewat sini.
B.    Ada apa dengan dia, Pak?
C.    Saya dari tadi tidak melihat orang lewat.
D.    Juragan Bungkik pergi bersama temannya.
E.    Juragan Bungkik tadi ikut lari terbirit-birit?

Cermati cuplikan novel berikut untuk menjwab soal nomor 48-50 !
“ Bangsat, siapa kau”, Haji Basuni membentak dengan geramnya.Ia hendak mencengkeram aku. Setengah takut aku mundur dan menjawab,” Aku teman Umi dan Latifah, Pak.”Dan tiba-tiba benciku timbul pada haji itu.
“ “Tapi aku larang kau dekati mereka,mengerti anak miskin?”
Betapa tersinggungnya aku mendengar kata-kata terakhir Haji Basuni.Tapi aku tak bisa berbuat apa-apa selain kecut dan mendongkol.Sesudah haji itu meninggalkan aku dan baru saja aku melangkah dari rumah Umi Kalsum, terdengar suara gaduh diiringi tangis
perempuan, dan itu suara Umi.Ia melolong-lolong dalam sela bentak dan rotan.
( Umi Kalsum, Jamil Suherman )

48. Konflik yang terjadi dalam kutipan novel tersebut adalah tokoh aku ….
A.    melarang anaknya berhubungan dengan laki-laki miskin
B.    geram dan tersinggung dengan ucapan Haji Basuni
C.    dilarang berhubungan dengan anak Haji Basuni
D.    mendengar Umi, kekasihnya dihajar bapaknya
E.    meninggalkan rumah Haji Basuni dengan rasa marah

49.     Penyebab konflik dalam kutipan novel tersebut karena tokoh aku ….
A.    membenci Haji Basuni
B.    anak orang miskin
C.    tersinggung dengan perkataan Haji Basuni
D.    menyukai Umi dan Latifah
E.    berteman dengan Umi dan Latifah

50.     Peristiwa yang terjadi akibat konflik adalah ….
A.    tokoh aku dilarang berhubungan dengan Umi
B.    tokoh aku dilarang berhubungan dengan Latifah
C.    Latifah dan Umi dipukuli ayahnya
D.    Umi dibentak dan dihajar dengan rotan
E.    Tokoh aku meninggalkan rumah dengan marah







KUNCI JAWABAN 


1.    C
2.    B
3.    A
4.    E
5.    E
6.    D
7.    C
8.    B
9.    E
10.  A
11.  E
12.  E
13.  E
14.  A
15.  D
16.  C
17.  E
18.  A
19.  B
20.  B
21.  C
22.  A
23.  B
24.  E
25.  D



26.  C
27.  C
28.  B
29.  C
30.  E
31.  A
32.  A
33.  C
34.  D
35.  E
36.  E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar