Sabtu, 21 Oktober 2017

Latihan UNBK Bahasa Indonesia SMA

Latihan UNBK Bahasa Indonesia SMA

PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf  A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia.
1.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Jakarta, Peraturan daerah (Perda) soal pengendalian tembakau sudah dilakukan di beberapa daerah. Cara sosialisasi serta penerapannya pun berbeda-beda tergantung kepala daerah masing-masing. dr Hasto Wardoyo, SpOG, Bupati Kulonprogo, memilih cara unik ketika melakukan sosialisasi pengendalian tembakau di daerahnya. Tak bicara soal bahaya penyakit jantung dan risiko kematian yang menghantui perokok, ia malah bicara soal impotensi.
"Jadi kalau sosialisasi saya bicara soal kematian, penyakit jantung, nggak mempan. Mereka jawabnya 'semua orang kan pasti mati nanti Pak' begitu. Tapi pas saya bicara soal impotensi, wah baru mereka pada dengerin," tutur dr Hasto sembari terkekeh, ditemui di Gedung PB IDI, Jl GSSY Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, seperti ditulis Rabu (1/10/2014).

Ide pokok paragraf pertama tersebut adalah ….
A.    Cara sosialisasi serta penerapan perda pengendalian tembakau
B.    Perda soal pengendalian tembakau sudah dilakukan di beberapa daerah
C.    Bupati Kulonprogo tak bicara soal bahaya penyakit jantung dan risiko kematian yang menghantui perokok
D.    dr Hasto Wardoyo, SpOG memilih cara unik ketika melakukan sosialisasi pengendalian tembakau di daerahnya.
E.    Perda  pengendalian tembakau sudah dilakukan di beberapa daerah oleh Bupati Kulonprogo








Perhatikan paragraf berikut dengan saksama untuk menjawab soal no.2 dan 3!
Versi berikutnya dari Windows telah resmi diperkenalkan, menariknya bukanlah dinamakan Windows 9 namun Windows 10.(1) Bagi anda yang tertarik langsung menggunakan platform ini, tentunya masih harus banyak bersabar mengingat waktu perilisan platform ini masih cukup lama.(2)Windows 10 diperkirakan akan siap tersedia pada pertengahan tahun 2015 atau paling lambat akhir 2015 mendatang.(3)Versi Windows mendatang ini diperkirakan akan terus disebut dan diupdate perkembangannya di berbagai acara pengumuman milik Microsoft, salah satunya pada acara Build developer conference yang akan diadakan pada bulan April 2015 mendatang.(4) Teknokerz salah satu yang menantikan via phonearena.(5)


2.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor ….
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
E.    5

3.    Kaliamat penjelas yang tidak mendukung ide pokok adalah kalimat nomor … .
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
E.    5

Bacalah paragraf  berikut dengan saksama untuk menjawab soal no. 4 dan 5!
Analis keamanan Asia Timur Gordon C. Chang setuju dengan penilaian ini.(1) Dia mengatakan Kehadiran Bomber B-52 Berkelanjutan di Guam memberikan kemampuan daya tangkis sangat penting yang memainkan peran penting dan tak tergantikan dalam menangkal agresi dan memelihara perdamaian internasional di seluruh wilayah Asia-Pasifik.(2)"Saya tidur lebih nyenyak di malam hari karena mengetahui bahwa pesawat B-52 bisa, dalam waktu singkat, menyiagakan persenjataan untuk mencapai sasaran di Asia. Dan saya yakin ada beberapa orang yang, untuk alasan yang sama, tidak bisa istirahat dengan tenang di malam hari," kata Chang kepada Asia Pacific Defense Forum dalam sebuah wawancara.(3) "Tidak ada yang menandingi prospek kemampuan [B-52] menyasar ibukota atau target utama lainnya di wilayah setiap calon penyerang, sampai-sampai mampu menyebabkan insomnia parah." (4)Tiga pesawat B-2 Spirit belum lama ini dipulangkan ke Pangkalan Udara Whiteman di mana mereka ditugaskan dalam Sayap Bom Tempur ke-509 setelah bertugas sebagai bagian dari CBP di kawasan tersebut.(5)

4.    Fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor …  .
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
E.    5

5.    Istilah insomnia dalam paragraph tersebut bermakna … .
A.    perasaan ngeri karena ketakutan
B.    keadaan tidak dapat tidur karena gangguan jiwa
C.    perasaan takut karena tertekan
D.    keadaan sedih karena adanya ancaman
E.    perasaan tidak aman karena adanya tekanan



6.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Lebih dari tiga perempat investor sangat optimis dapat mempertahankan gaya hidup mereka saat ini pada masa pensiun kelak. Bahkan, hampir seluruh investor atau 97 persen yakin akan memiliki penghasilan pasca-pensiun dari berbagai sumber yang bernilai setara dengan 84 persen penghasilan mereka saat ini. Sayangnya, optimisme ini tidak didukung aksi nyata. Hanya 43 persen masyarakat sudah menyiapkan masa pensiunnya dan 34 persen uang mereka disimpan dalam bentuk tabungan dan deposito bank yang memberikan imbal hasil relatif kecil. Masyarakat sepertinya terlalu mengandalkan sumber-sumber pendanaan yang tak pasti untuk membiayai hidup mereka di hari tua.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….
A.    34 persen masyarakat sudah menyiapkan masa pensiunnya
B.    Masyarakat sepertinya terlalu mengandalkan sumber-sumber pendanaan yang pasti untuk membiayai hidup mereka di hari tua
C.    34 persen uang mereka disimpan dalam bentuk tabungan dan deposito bank
D.    Lebih dari dua perempat investor sangat optimis dapat mempertahankan gaya hidup mereka saat ini pada masa pensiun kelak
E.    87 persen yakin akan memiliki penghasilan pasca-pensiun dari berbagai sumber

7.    Bacalah paragraf berikut!
Untuk diketahui, hasil kerajinan khas Lombok tidak hanya kain songket dan mutiara, ada pula kerajinan lainnya yang sudah diekspor ke luar negeri.(1) Kerajinan itu yakni terbuat dari kayu dan kulit kerang mutiara, atau biasa disebut cukli.(2) Cukli ialah potongan kulit kerang yang dijadikan sebagai hiasan, ditempel pada obyek tertentu.(3) Beberapa hasil kerajinan cukli yakni berupa meja, kursi, kotak perhiasan, lemari, tempat tidur, kursi malas dan lainnya.(4) Belakangan, kerajinan cukli ini kian tenar hingga ke luar negeri.(5)

    Kalimat yang sifat pernyataannya opini terdapat dalam kalimat nomor ….
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
E.    5

8.    Perhatikan penggalan biografi berikut!
Suatu hari, saat SBY duduk di tingkat empat Akabri, ada acara di Balai Taruna. Sebagai komandan divisi korps taruna, pemuda gagah ini harus melapor kepada Sarwo Edhi, sang Gubernur Akabri, untuk memberikan sambutan peresmian balai tersebut. Tak dinyana, di situ pulalah ia kali pertama bertemu dengan putri sang Gubernur tersebut. Pertemuan itu berbuah cinta. Waktu hubungan cintanya diceritakan kepada ayahnya di Pacitan, Soekotjo, pensiunan Danramil itu kaget bukan main. Ia menganggap bahwa putra tunggalnya salah dan terlalu berani dalam memilih teman. ”Apakah tidak njomplang statusmu dengan anak Gubernur Akabri yang pangkatnya Mayor Jendral?” demikian pertanyaan Soekotjo yang ditujukan pada anaknya. SBY berkali-kali meyakinkan orang tuanya bahwa ia tidak pernah minder ataupun kecil hati. Akhirnya, Kristiani Herawati, putri sang Gubernur, itu pun menjadi istrinya dan setia mendampinginya sampai sekarang.
Nilai-nilai yang dapat kita teladani dari profil tokoh di atas adalah ....
A.    jangan terlalu keras kepala
B.    jangan suka menentang orang tua
C.    berhati-hatilah dalam memilih pasangan hidup
D.    carilah pasangan hidup yang statusnya sejajar dengan kita    
E.    hilangkan sifat minder dan kecil hati untuk meraih cita-cita








Bacalah tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Kita menggarisbawahi pernyataan PM Abe bahwa Kepulauan Senkaku merupakan wilayah teritorial Jepang, baik secara historis maupun berdasarkan hukum internasional. Dan, mengenai wilayah itu, Jepang tidak akan berkompromi serta akan mempertahankan kedaulatan wilayah darat, laut, dan udara Jepang.
Kita juga menggarisbawahi bahwa kapal-kapal China sering menyusup ke wilayah itu, yang kita tahu tentunya, cepat atau lambat, akan memancing Jepang untuk menanggapinya secara keras. Keadaan seperti itu pastilah tidak diinginkan oleh siapa pun, apalagi akhir-akhir ini muncul dorongan di dalam negeri Jepang untuk meningkatkan kemampuan pasukan Bela Diri Jepang. Peningkatan kemampuan militer Jepang pasti diinginkan oleh siapa pun. Rasanya tidak ada yang menginginkan pengalaman pada perang Pasifik (1941-1945) berulang kembali.
Itu sebabnya, kita berharap jika China berniat menggugat kepemilikan Jepang atas Kepulauan Senkaku, sebaiknya China membawa sengketa wilayah tersebut ke Mahkamah Internasional, bukan memprovokasi Jepang.

9.    Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ....
A.    Jepang tidak akan berkompromi dan mempertahankan wilayah Kepulauan Senkaku.
B.    Kapal-kapal China menyusup dan memancing emosi Jepang dan mereka menggugat.
C.    Negara manapun tidak menginginkan terulangnya Perang Pasifik yang terkenal kejam.
D.    Sebaiknya China membawa sengketa wilayah Kepulauan Senkaku ke Mahkamah Internasional.
E.    China harus menciptakan damai bukan memprovokasi agar sengketa terus berlanjut.

10.    Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada ....
A.    Jepang
B.    China
C.    Indonesia
D.    PM Abe
E.    Masyarakat

Perhatikan tabel di bawah ini untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!

   Pertumbuhan Sektor Perekonomian Kabupaten Sleman
Sektor    TAHUN
    2009 (%)    2010 (%)    2011 (%)    2012 (%)    2013 (%)
Pertanian
Industri
Pertambangan
Bangunan
Pengangkutan
Koperasi     5
6
-
7
3
41    5
5
0,3
10
7
48    15
7
0,4
10
9
81    25
6
1
7
25
16    30
7
3
9
30
15
Sumber : Bappeda Bag. Perekonomian dan Koperasi Kab. Sleman

11.    Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ….
A.    tingkat pertumbuhan sektor bangunan tidak pernah mengalami peningkatan
B.    pertumbuhan sektor pertambangan lebih besar daripada sektor pertanian
C.    tingkat pertumbuhan sektor koperasi  tahun 2012 dan tahun 2013 mengalami penurunan
D.    pertumbuhan sektor industri pada tahun 2010 dan tahun 2012 sama besar
E.    pertumbuhan ekonomi sektor pengangkutan pada tahun 2013 paling besar





12.    Kalimat simpulan yang tepat untuk tabel tersebut adalah …
A.    Pertumbuhan sektor pengangkutan selalu mengalami peningkatan dibanding sektor lain.
B.    Semua sektor perekonomian selama lima tahun mengalami peningkatan yang sangat tajam.
C.    Selama lima tahun hanya sektor pertambangan yang tidak mengalami perkembangan.
D.    Di antara lima sektor perekonomian, koperasi merupakan satu-satunya yang paling besar perkembangannya.
E.    Selama kurun waktu lima tahun penurunan pertumbuhan hanya terjadi pada sektor bangunan.

Perhatikan penggalan hikayat berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
Setelah didengar Raja Sulaiman sembah landak itu, maka titah Raja Sulaiman,”Hai landak! Hampirilah engkau kepada aku! Aku hendak bertanya kepadamu, bahwa aku dipersembahkan raja jin air ma’al-hayat di dalam bejana. Betapa bicaramu? Baiklah aku minum atau jangankah diminum? Maka sembah landak ”Ampun tuanku, beribu–ribu ampun! Patik ini binatang yang hina memohonkan ampun. Sekiranya duli Syam Alam santap air itu, terlalu baik. Umur Syah pun lanjut dan penyakit pun tiada di dalam tubuh dan muda selama-lamanya. Tetapi jahatnya ada juga.
      Maka titah Raja Sulaiman,”Apa jahatnya?”. Maka sembah landak,”Jika duli Syah minum air itu, tiadalah Syah Alam mati hingga datang kepada hari kiamat tetapi istri yang dikasihi mati dahulu dan anak Syah Alam mati, cucu, cicit  Syah Alam pun mati dan rakyat bala tentara duli Syah Alam sekalian habis, hingga duli tuanku seorang juga yang hidup. Apatah gunanya hidup yang demikian itu.
      Maka titah Nabi Sulaiman, sungguhlah katamu hai landak! Hidup yang demikian  itu tiada gunanya,”…

13.    Kalimat yang berisi karakteristik hikayat yang menunjukkan istana centris terdapat pada kalimat ....
A.    Hidup yang demikian  itu tiada gunanya
B.    titah Raja Sulaiman,”Hai landak! Hampirilah engkau kepada aku!
C.    Jika duli Syah minum air itu, tiadalah Syah Alam mati
D.    Patik ini binatang yang hina memohonkan ampun
E.    Hampirilah engkau kepada aku! Aku hendak bertanya kepadamu

14.    Nilai yang terkandung dalam penggalan hikayat tersebut adalah ….
A.    agama
B.    sosial
C.    moral
D.    budaya
E.    mistis

15.    Perhatikan penggalan novel berikut dengan saksama!
Kehadiran Abdul Salam, membawa suasana baru di desa itu dengan mendirikan surau dan tempat- tempat pengajian untuk anak-anak, sehingga kehidupan masyarakatnya lebih baik. Keberhasilannya itu membuat beberapa orang merasa tidak senang. Kebencian mereka disalurkan dengan jalan membakar surau dan tempat-tempat pengajian. Karena merasa tidak aman, ia beserta delapan puluh keluarga berikutnya terpaksa menyingkir ke tempat lain, lalu mendirikan sebuah desa baru. Di sinilah mereka melaksanakan tradisi baru dalam bidang agama dan bidang sosial.
                            (Pergolakan, Wildan Yatim)
Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerita tersebut adalah ….
A.    orang pertama pelaku utama
B.    orang pertama pelaku sampingan
C.    orang ketiga terbatas
D.    orang ketiga serba tahu
E.    orang peetama dan ketiga




Perhatikan penggalan novel berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
“Bahkan ibu bersedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar, dari satu pulau ke pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang menasehati ibu harus percaya dan mencobanya juga. Maklumlah alam timur masih penuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan mistik. Semua itu itu lakukan untuk mendapatkan engkau Maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk.
(Rumah Tanpa Cinta, Titik W.S)
16.    Watak tokoh ibu dalam penggalan novel tersebut adalah ….
A.    Percaya pada mistik
B.    Sayang kepada anak
C.    Gigih dalam usaha
D.    Patuh pada orang pintar
E.    Keras kepala

17.    Cara penggambaran watak tokoh dalam penggalan tersebut adalah ….
A.    perilaku tokoh
B.    jalan pikiran tokoh
C.    tanggapan tokoh lain
D.    dialog antartokoh
E.    lingkungan tokoh

18.    Perhatikan penggalan drama di bawah ini!
Tuti




Bakri

Tuti

Bakri

Tuti    :




:

:

:

:    (nada mengajak). Lihat itu! Ayo, cepat! (menarik tangan Bakri). Lihat itu! (mereka tiba di depan tembok yang bercoret-coret dan memandangi tulisan itu . Tentu saja mereka membelakangi penonton, tetapi tidak perlu dipersoalkan karena ada alasannya) Nah, percaya tidak kamu?

Gila (menyentuh coretan) Catnya belum kering benar, Tut. Padahal tembok itu baru dikapur oleh Pak Jakir seminggu yang lalu, ya kan ?
(Berjalan menuju bangku dan duduk) Ya, aku juga tahu itu, terlalu!

(membalik ke arah Tuti) Siapa yang terlalu?

Yaaa… siapa lagi?
Sumber “Cat Hitam Mendakwa “ dalam Majalah Dinding, Bakdi Sumanto
Permasalahan yang diungkapkan dalam penggalan drama tersebut adalah ….
A.    Coret-coretan dan tulisan pada tembok yang baru dicat menyebabkan kotor
B.    Memberi tulisan pada tembok untuk menambah keindahan
C.    Pembuatan mural untuk artistik
D.    Mengagumi tulisan teman di tembok
E.    Tembok yang belum lama dicat digunakan untuk lomba mural antarkelas














Perhatikan puisi di bawah ini untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!
SAJADAH PANJANG

Ada sajadah panjang terbentang
Dari kaki buaian
Sampai ke tepi kuburan hamba
Kuburan hamba bila mati

Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan sujud
Di atas sajadah yang panjang ini
Diselingi sekedar interupsi

Mencari rezeki, mencari ilmu
Mengukur jalanan seharian
Begitu terdengar suara azan
Kembali tersungkur hamba

Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan rukuk
Hamba sujud dan tak lepas kening hamba
Mengingat Dikau sepenuhnya
(Taufik Ismail)

19.    Makna lambang kata sajadah dalam puisi tersebut adalah ....
A.    kain untuk alas sujud
B.    waktu untuk bersalat
C.    waktu untuk beribadah
D.    tempat untuk salat
E.    kesempatan menjalani hidup

20.    Maksud bait pertama puisi tersebut adalah ....
A.    Ada sajadah yang panjang terbentang dari kita lahir sampai kita mati.
B.    Dalam hidup seorang hamba di samping bekerja juga mencari ilmu.
C.    Seorang hamba Tuhan selalu sujud dan tunduk kepada Tuhannya.
D.    Perjalanan hidup seseorang dimulai sejak lahir hingga meninggal.
E.    Bekerja dan mencari ilmu adalah selingan dalam hidup.

21.    Perhatikan pantun berikut!
Beli semangka tanpa biji
Sebuah harganya sebelas ribu
Perbanyaklah amal terpuji
Tentulah ridho ibu bapakmu

Maksud pantun tersebut adalah ….
A.    hormati kedua orang tua dan minta ridhonya
B.    orang tua adalah segala-galanya maka berbuatlah yang terpuji
C.    tidak boleh mendurhakai orang tua dengan cara beramal baik
D.    berbuat baiklah yang banyak agar orang tua senang
E.    belilah semangka yang tak berbiji sebagai tindakan yang terpuji







22.    Perhatikan penggalan gurindam berikut!
Dengan ibu hendaklah hormat
Supaya badan dapat selamat

Maksud gurindam tersebut adalah ….
A.    Menghormati ibu menyehatkan badan
B.    Badan yang sehat akan menyebabkan selamat
C.    Keselamatn orang harus diutamakan
D.    Hanya ibu yang patut kita hormati
E.    Hormat kepada ibu kita jadi selamat

23.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1)    Katakan, uang adalah kebutuhan dan uang adalah bagian hidup yang tak bisa dilepaskan dari setiap orang.
(2)    Membiasakan diri mengelola keuangan sejak dini akan sangat membantu seorang wanita kelak setelah dia dewasa.
(3)    Karenanya anak perempuan perlu diajarkan untuk mengelola keuangan.
(4)    Termasuk diajarkan cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
(5)    Tapi tak perlu disampaikan bahwa uang adalah kunci kebahagiaan, atau sebaliknya, uang adalah sumber kejahatan.

Kalimat-kalimat di atas akan menjadi paragraf yang padu/kohesif jika diurutkan ….
A.    (1), (3), (4), (2), (5)
B.    (2), (3), (4), (5), (1)
C.    (3), (2), (1), (5), (4)
D.    (4), (3), (2), (1), (5)
E.    (5), (4), (3), (2), (1)
24.    Perhatikan paragraf narasi berikut dengan saksama!
Nama Ratu Tenun Mayang diberikan oleh ratu- ratu lainnya karena ia selalu menyendiri, kerjanya sepanjang hari hanya menenun. Karena sering menyendiri dan berlaku aneh, Ratu Tenun Mayang diasingkan oleh teman-temannya ke hutan. Ia dibuatkan pondok kecil yang disebut semban  di atas dahan sebuah pohon besar. ...

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ....
A.    Di situlah tempat ia sehari-hari bekerja.
B.    Di pohon itulah tempat ia bersemedi.
C.    Di atas daun ia mengekspresikan seninya.
D.    Di pohon besar itulah tempat ia bekerja.
E.    Di semban itulah dia berlaku aneh.

25.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Bangunan stadion itu terlihat kukuh sekali. Bangunan stadion olahraga itu tampak megah berdiri dengan pilar-pilarnya yang besar dan kuat. Dindingnya dicat dengan warna kuning muda. Di setiap sudut bertengger tiang lampu yang tinggi.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah …
A.    Penonton akan dibuat nyaman bila berada di stadion
B.    Stadion itu diresmikan oleh Menpora lima tahun yang lalu
C.    Di tengah stadion terhampar lapangan luas yang ditumbuhi rumput yang hijau
D.    Beberapa pertandingan bertaraf internasional pernah dilaksanakan di stadion tersebut
E.    Bila PSS main aku sering menonton di stadion itu




26.    Perhatikan paragraf generalisasi berikut ini!
Kita bisa menderita atau merasa nyeri pada beberapa bagian tubuh apabila stamina tubuh kita rendah. Beberapa penyakit pun bisa muncul dengan kondisi tubuh yang lemah. Penyakit yang kita derita itu misalnya batuk, pilek, peradangan atau iritasi, dan berbagai gejala penyakit yang lain. Jenis penyakit yang juga muncul dalam kondisi ini adalah penyakit peradangan pada mata. ....
Kalimat simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A.    Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa berbagai penyakit ringan mungkin sering muncul.
B.    Jadi, stamina tubuh yang rendah dapat memicu munculnya beberapa penyakit.
C.    Nyeri beberapa bagian tubuh, batuk, pilek, peradangan atau iritasi contohnya pada mata- sering muncul.
D.    Oleh karena itu, kita harus waspada terhadap beberapa penyakit yang mungkin muncul.
E.    Maka, penyakit-penyakit di atas termasuk penyakit yang muncul dalam kehidupan kita.

27.    Cermatilah paragraf  analogi  berikut dengan saksama!
Seorang anak yang baru lahir masih suci. Baik-buruknya anak tersebut kelak antara lain bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya, pengaruh orang-orang terdekat dan lingkungannya. Demikian pula kertas putih yang belum ternoda, akan menjadi apa kertas tersebut tergantung pada apa yang akan kita goreskan padanya.
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    Kita bebas memengaruhi anak dan menggoreskan apa saja pada kertas putih.
B.    Kesucian anak yang baru lahir bagaikan kertas putih yang belum ternoda.
C.    Mendidik anak harus menggunakan pedoman agama karena anak masih suci.
D.    Jangan suka menakut-nakuti anak sehingga menjadi penakut.
E.    Anak kecil mudah dipengaruhi oleh orang dewasa dan lingkungannya.


28.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Lihatlah pembangunan dan pola hidup masyarakat di kota besar itu. Mereka membuang sampah sembarangan   ke selokan dan ke kali yang mengalir di tengah kota. Daerah resapan air telah berubah menjadi hutan beton, sementara kebun dan hutan di pinggir kota berubah fungsi menjadi hunian dan pabrik. Tak terpikir oleh mereka bila datang musim hujan.

Kalimat berupa akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.    Banjir akan melanda kota tersebut
B.    Sampah-sampah akan menghambat aliran air
C.    Air hujan tidak akan dapat meresap di hutan-hutan gundul
D.    Sampai bertumpuk di muara sungai menyebabkan polusi air
E.    Para pemulung plastic mendapat rezeki melimpah

29.    Perhatikan silogisme berikut!
Premis Umum  : Semua siswa yang berprestasi diberi hadiah oleh sekolah
Premis Khusus : ….
Simpulan          : Faizal diberi hadiah oleh sekolah

Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ….
A.    Sekolah memberi hadiah  kepada siswa berprestasi
B.    Sekolah member hadiah kepada Faizal
C.    Faizal adalah siswa yang berprestasi
D.    Hadiah diberikan kepada Faizal
E.    Faizal diberi hadiah oleh sekolah karena berprestasi.



30.    Perhatikan penggalan pidato berikut dengan saksama!
Hadirin yang saya hormati,
Jumlah pengangguran di negara kita setip tahun terus meningkat. Banyaknya angka pengangguran ini dipicu oleh keinginan generasi muda  menjadi pegawai di perusahaan atau pegawai negeri. Kaum muda atau lulusan perguruan tinggi atau sekolah menengah, baik sekolah menengah umum maupun kejuruan, selalu ingin mencari lapangan pekerjaan. Mereka yang ingin mandiri menciptakan lapangan pekerjaan jumlahnya bisa dihitung dengan jari. … 
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah …
A.    Untuk mengatasi masalah tersebut , marilah kita ciptakan generasi interpreneur atau wirausahawan demi  terciptanya kemajuan ekonomi
B.     Oleh karena itu, marilah generasi muda kita dorong untuk lebih aktif meningkatkan keterampilaanmereka bekerja di luar negeri
C.    Agar pengangguran bisa teratasi , mari kita bina generasi muda kita menjadi generasi muda yang cerdas dalam llmu pengetahuan dan teknologi
D.    Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, mari kita arahkan generasi muda untuk giat menabung agar roda pembangunan melaju pesat sehinga akan membuka lapangan kerja baru
E.    Solusi yang bisa kita lakukan adalah mendorong lahirnya generasi muda yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

31.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Tanaman obat biasa dikenal dengan sebutan … hidup seperti kumis kucing, temu lawak, dan banyak lagi tanaman yang bisa dijadikan obat. Terutama di dusun-dusun, orang lebih percaya dan menganggap tanaman obat lebih … dan … tinggi, dibandingkan dengan obat dokter.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.    apotik, efektif, berkualitas
B.    apotek, epektif, berkualitas
C.    apotek, efektif, berkualitas
D.    apotik, efektif, berkwalitas
E.    apotik, efektiv, berkualitas

32.    Cermatilah paragraf berikut!
Industri tekstil termasuk industri yang paling terpukul akibat kenaikan harga minyak dunia. Sementara itu, . . .  minyak ke batubara masih tersendat sehingga sejumlah industri tekstil terancam akan mengurangi . . .  dan melakukan pemutusan hubungan kerja.
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A.    konversi, produksi
B.    konversi, produsen
C.    adaptasi, produksi
D.    adaptasi, konsumsi
E.    suplai, tenaga kerja

33.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Dari proses pembakaran batu bara hasilkan sisa pembakaran berupa fly ash dan bottom ash yang termasuk kategori limbah berbahaya dan beracun. Kebanyakan dari perusahaan yang menggunakan bahan bakar batu bara ini belum begitu paham kalau sisa membakar dan batu bara ini termasuk limbah B3 (beracun, berbahaya, dan beresiko). Karena sifatnya yang berbahaya ini, limbah B3 yang dihasilkan dari kegiatan industri harus kelolaan dengan baik.
Perbaikan kata berimbuhan yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah....
A.    dihasilkan, pembakar, mengelola
B.    berhasilkan, pembakaran, dikelola
C.    penghasil, kebakaran, dikelola
D.    dihasilkan, pembakaran, dikelola
E.    penghasilan, membakar, mengelola
34.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Saat ini korupsi terkesan memasuki  …  kehidupan bangsa. Reformasi yang diharapkan menuju Indonesia lebih baik ternyata tidak sesuai dengan apa yang  … . Pemberantasan korupsi di negeri ini bagaikan … yang tidak pernah akan terwujud.

Kata-kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.    parah-parahnya, dicita-citakan, angan-angan
B.    sendi-sendi , dicita-citakan, angan-angan
C.    cita-cita, angan-angan, sendi-sendi
D.    pelosok-pelosok, diidam-idamkan, impian-impian
E.    sendi-sendi, diangan-angankan, cita-cita

35.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Raja itu memerintah dengan … . Perilaku kejam itu menurun kepada para … raja tersebut. Setiap mereka menagih pajak, tidak pernah kembali dengan … karena mereka selalu menagih dengan memaksa.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A.    besar kepala, pembantu-pembantunya, tangan kosong
B.    tangan besi, tangan kanan, tangan hampa
C.    manis mulut, bawahan mereka, tangan kosong
D.    keras kepala, kaki tangan, tangan besi
E.    tangan besi, bawahan, keras kepala

36.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Melly    : ”Kita sekarang harus terus belajar dan belajar!”
Lintang    : ”Tapi, bagaimanapun kita masih banyak tertinggal di bidang ekonomi dan iptek”
Melly    : ”Lalu apa lagi yang harus kita lakukan?”
Lintang    : ”Ya! Aku juga tidak tahu!”
Melly    : ’Ya... ya betul, bagai membandarkan air ke gunung. Untuk mencapai kemajuan seperti di beberapa negara tetangga.”
Lintang    : ”Aku merasa pesimis, malah mungkin .... bagi kita saat ini!”

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog  tersebut adalah ….
A.    Bagai bergantung di akar lapuk.
B.    Bagai menegakkan benang basah.
C.    Bagai air di daun talas.
D.    Bagai bumi dengan langit.
E.    Seperti mentimun dengan durian.

37.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Tepi danau itu bersih tak ada sampah yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau pengunjung. Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik. Setiap pengunjung diharuskan mematuhi aturan kawasab wisata. Jika pengunjung melanggarar aturan akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parker disediakan cukup luas. Pengunjung yang mana membawa kendaraan harus diparkir di tempat yang disediakan
Perbaikan yang tepat  kalimat bercetak miring tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah …
A.    Kendaraan harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan
B.    Setiap pengunjung boleh membawa kendaraan sendiri dan diparkir sendiri
C.    Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat memadai dan diparkir di situ
D.    Pengunjung memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya
E.    Pengunjung yang membawa kendaraan harus memarkir di tempay yang disediakan



38.    Perhatikan paragraf di bawah ini dengan saksama!
Ia dibangunkan dengan suara benda jatuh … . Ia keluar kamar dengan perasaan … . Dengan langkah hati-hati ia menuju ke sumbar suara, yaitu dari arah dapur. Tiba-tiba ia mendapati seekor kucing … sedang menyantap sisa makanan di meja makan.
Frasa yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah ….
A.    sangat keras,  takut sekali, tinggi besar
B.    agak lembut, sedikit cemas, tinggi besar
C.    cukup keras, sedikit cemas, sangat besar
D.    cukup keras, sangat takut, tinggi kurus
E.    keras seklai, sedikit cemas, sangat kurus

39.    Perhatikan paragraf berikut dengan cermat!
      Jagalah selalu kecukupan gizi, terutama pada balita. Sebab, orang yang kekurangan gizi ternyata berisiko mengalami proses penuaan pada mata lebih cepat dan lebih awal. Hal ini dikemukakan dr. Zainal Azhar, Sp.M. dari subbagian Vitreoretina FKUI/RSCM.
           Mengingat pentingnya asupan makanan yang bergizi ini, maka salah satu program kesehatan pemerintah adalah bagaimana menolong keadaan gizi pada balita dan anak-anak. Mengapa balita dan anak-anak? Sebab, mereka adalah investasi masa depan.  ” Kalau kualitas gizi balita rendah, pemerintah akan dibebani oleh penyakit penuaan yang terlampau cepat” kata Zainal.
Kedua paragraf tersebut akan lebih terpadu bila menggunakan kata penghubung...
A.    selanjutnya
B.    lalu
C.    oleh karena itu
D.    namun
E.    sesudah itu

40.    Bacalah penggalan berikut!
Besar harapan saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas kebaikannya, dihaturkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat tersebut adalah ….
A.    Besar harapan saya, Bapak mempertimbangkan lamaran saya. Atas kebijaksanaannya, diucapkan terima kasih.
B.    Besar harapan saya, Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
C.    Mohon Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaannya kepada saya, saya ucapkan terima kasih.
D.    Sudilah kiranya Bapak menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, dihaturkan terima kasih.
E.    Atas kebijaksanaan menerima saya di perusahaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

41.    Perhatikan iklan lowongan pekerjaan berikut!
DICARI
APOTEKER
Jujur, tanggung jawab, pengalaman dua tahun
Domisili Sleman
Berbadan sehat
Alamat PO BOX 123
                                                                Bernas, 29 Juni 2014

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah....
A.    Saya seorang apoteker yang telah berpengalaman bertahun-tahun untuk itu saya mengajukan lamaran kepada Bapak.
B.    Untuk mengamalkan segala ilmu yang telah saya miliki, saya bermaksud mengajukan lamaran di perusahaan Bapak.
C.    Berdasarkan iklan Bapak yang dimuat dalam harian Bernas, 29 Juni 2014, saya mengajukan lamaran pekerjaan kepada Bapak untuk mengisi lowongan tersebut.
D.    Atas dasar iklan pada harian Bernas,29 Juni 2014 saya berniat mengajukan lamaran.
E.    Dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai apoteker karena saya ingin bekerja di perusahaan Bapak untuk mengisi lowongan itu.

42.    Perhatikan penulisan judul karya tulis berikut!
Judul karya tulis : kiat menumbuhkan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari
Penulisan judul karya tulis di atas yang sesuai dengan EYD adalah ....
A.    Kiat Menumbuhkan Kesehatan Dalam kehidupan sehari-hari
B.    Kiat Menumbuhkan Kesehatan Dalam Kehidupan Sehari-Hari
C.    Kiat Menumbuhkan Kesehatan Dalam Kehidupan Sehari-hari
D.    Kiat Menumbuhkan Kesehatan dalam Kehidupan Sehari-Hari
E.    Kiat Menumbuhkan Kesehatan dalam Kehidupan sehari-hari

43.    Perhatikan kalimat topik berikut!
Topik karya tulis : Pentingnya berlatih menulis karya ilmiah bagi siswa
    Latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.     Banyak siswa yang belum memikirkan pentingnya menulis karya ilmiah.
B.    Masih banyak siswa yang enggan berlatih menulis karya ilmiah.
C.     Siswa tertarik terhadap pelajaran yang ringan-ringan.
D.     Pasti sulit melatih menulis karya ilmiah bagi siswa.
E.     Berlatih menulis karya ilmiah penting bagi siswa.

44.    Perhatikan kalimat topik berikut!
Topik: Pengaruh Penggunaan IT terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa

Kalimat rumusan masalah yang tepat sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.     Mengapa ada anggapan Penggunaan IT menurunkan prestasi belajar siswa?
B     Apakah Penggunaan IT membuat siswa malas belajar?
C.     Bagaimana pengaruh Penggunaan IT terhadap pembentukan pribadi siswa?
D.     Mengapa siswa perlu aktif dalam Penggunaan IT di sekolah?
E.     Apakah Penggunaan IT membuat siswa kurang disiplin?

45.    Perhatikan penggalan puisi berikut dengan saksama!
Cukuplah sudah air mata ini menetes
Tak ingin lagi aku di sampingmu
Sungguh aku ingin menutup pintu hatiku
Melupakanmu semampu aku
Aku merasa jatuh
...
Perlahan kucoba menepi
Walau terasa tak berdaya

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A.    Tenggelam di samudra luas tak bertepi
B.    Di tepi jalan raya yang sangat ramai
C.     ke dalam jurang yang dalam
D.     Kekuatan yang tiba-tiba menghilang
E.     Banyak orang yang merasa kasihan kepadaku





46.    Perhatikan penggalan pantun berikut!
Buah salak buah rambutan
Dibeli di pasar Turi

Perbanyak ngaji setiap hari

Larik yang sesuai untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A.    Agar punya iman yang kuat
B.    Jadilah insan yang beriman
C.    Kalau ingin kita sukses
D.    Rajinlah mengikuti pelajaran
E.    Biar jadi orang beriman

47.    Perhatikan penggalan drama berikut dengan saksama!
Istri Tukang Cukur    : “Cahaya matamu, raut wajahmu, memberiku isyarat
bahwa kau sedang memikirkan sesuatu. Katakanlah pada Ibu.”
Rabiah    : “Aku berpikir tentang ayah. Aku berpikir tentang
ayah, Bu! Terus-menerus pikiran ini menggangguku.”
Istri Tukang Cukur    : “Apa yang salah dengan ayahmu, Nak?”
Rabiah    : (Sejenak tidak menjawab, Ia berdiri perlahan,
melangkah ke depan mendekati pot-pot bunga, lalu mendekat sambil memandang ibunya) “... ”
Istri Tukang Cukur    : “Mengapa kau bertanya begitu?” (terkejut) “Apakah
salah ayahmu bekerja sebagai tukang cukur?” (berdiri tegak)
Rabiah    : “Orang-orang, teman-teman, semua mengejekku
dengan kata-kata anak si tukang cukur’!”
Istri Tukang Cukur     : “Kau malu?”
            (Kado Perkawinan, Hamsad Rangkuti)

Kalimat yang tepat untuk melengkapi penggalan drama tersebut adalah …
A.    Bu, mengapa Bapak menjadi tukang cukur?.
B.    Bapak sekarang di mana, Bu?
C.    GAji Bapak per bulan berapa ,Bu?.
D.    Bapak harus beralih profesi.
E.    Bolehkah aku minta sesuatu, Bu?.

48.    Bacalah penggalan resensi berikut dengan saksama!
Pada zaman dahulu permainan tradisional adalah permainan yang paling disukai anak-anak. Jenis permainan ini hanya memanfaatkan alam/lapangan yang luas seperti permainan benteng, gobag sodor, bekelan, dan jaranan. Bahkan bila membutuhkan peralatan, peralatannya pun tak sukar dan bisa didapatkan di sekitar tempat permainan tersebut. Sayang kini permainan-permainan tersebut lambat laun mulai terkalahkan dengan permainan yang canggih dan serba teknologi, seperti mobil remote control, playstation dart game online.
Sangat tepat penulis buku ini membuat buku yang berisi kumpulan permainan tradisional. Ada banyak misi dan manfaat yang banyak didapatkan di dalamnya, yaitu kekompakan, kebersamaan sampai sportivitas. Berbeda jauh dengan permainan berteknologi yang hanya memberi manfaat kesenangan semu.
Selain itu, orang tua dapat bemostalgia ketika masih menjadi anak-anak dengan memainkan berbagai permainan tradisonal tersebut. Tentunya membaca kembali buku ini, memahami dan mengingat-ingat cara bermainnya serta mengenalkan kepada anak dengan cara bermain bersama. Mengenalkan kembali permainan tradisional sama artinya menjaga agar permainan tradisional tersebut tidak ditinggalkan oleh anak-anak. Apalagi dalam bermain bisa sekaligus belajar.
Tampilannya cukup menarik, baik sampul dan isi setiap halaman dengan berbagai gafis dan ilustrasi gambar sehingga tidak membuat jemu untuk selalu membacanya. Buku ini akan tidak ada artinya jika tidak langsung dipraktikkan bersama keluarga ataupun teman-teman.


Kalimat resensi berdasarkan kutipan tersebut adalah ....
A.     Pada zaman dahulu permainan tradisional adalah permainan yang paling disukai anak-anak.
B.     Berbeda jauh dengan permainan berteknologi yang hanya memberi manfaat kesenangan semu.
C.     Tampilan buku cukup menarik, baik sampul, dan isi setiap halaman dengan berbagai grafis dan ilustrasi.
D.     Mengenalkan kembali permainan tradisional sama artinya menjaga permainan tradisional tidak ditinggalkan anak-anak.
E.     Selain itu, orang tua dapat bemostalgia ketika masih menjadi anak-anak dengan memainkan permainan tradisional.

49.    Perhatikan penggalan cerpen berikut dengan saksama!
     …
     Akulah Jibril, yang angin adalah aku, yang embun adalah aku, yang asap adalah aku, yang gemersik adalah aku, yang menghantarkan panas dan dingin. Aku mengirimkan kesejukan, pikiran segar yang mengajak giat belajar. Aku yang menyodorkan keheranan dan sekaligus jawaban. Aku di kebun rimbun, aku di padang pasir, aku di laut, aku di gunung, aku di udara, kukirimkan laying-layangku kepadamu kerpada kalian.
     …
                                                         (Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat: Danarto)

Kalimat kritik yang sesuai dengan penggalan cerpen tersebut adalah …
A.    Danarto dikenal sebagai penulis cerpen yang religious, tercermin dalamm tokoh cerpen yang telah ditulisnya.
B.    Menuntut pembaca harus lebih cermat untuk memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambing.
C.    Penggunaan kalimat-kalimat yang unik membuat cerpen ini diminati pembacanya.
D.    Cerpen Danarto umumnya beraliran religious sesuai dengan latar belakang pendidikan beliau
E.    Penggunaan kalimat yang sederhana memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita.

50.    Bacalah kutipan esai berikut!
Jika kita menginginkan karya-karya sastrawan terkini lebih berkualitas, hal yang dapat dilakukan adalah mengubah formula yang pernah digunakan Chairil Anwar ketika menghasilkan sajak”Aku” dan “ Yang Terampas dan Yang Terputus”,. Tentu saja, mengubah formula itu tidak dapat dilakukan dalam beberapa jam. Sebab, seorang sastrawan adalah orang yang terus – menerus berproses menghasilkan sesuatu yang lebih bagus. Untuk menerima proses panjang itu, dibutuhkan cara membaca yang sesuai dengan proses tersebut.  …

Kalimat simpulan yang sesuai untuk mengakhiri esai tersebut adalah …
A.    Seorang sastrawan memerlukan proses panjang dalam melairkan karya yang berkualitas
B.    Karya-karya sastrawan masa kini tidak termasuk karya sastra yang berkualitas
C.    Chaiiril Anwar dikenal sebagai sastrawan yang beraliran ekspresionisme
D.    Kualitas karya sastra sangat ditentukan oleh proses pembuatan dan cara membacanya
E.    Sastrawan harus terus-menerus berkarya karena memerlukan proses yang panjang






KUNCI JAWABAN
PROGRAM        : IPA-IPS
PAKET            : 3 B

no    jawaban    no    jawaban    no    jawaban    no    jawaban    no    jawaban
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10    B
A
E
E
B
C
E
E
D
      A    11
12
13
14
15
16
17
18
19
20    C
A
B
B
C
C
B
A
C
D    21
22
23
24
25
26
27
28
29
30     D
E
B
E
C
B
B
A
C
E    31
32
33
34
35
36
37
38
39
40    C
A
D
B
B
B
E
C
C
E    41
42
43
44
45
46
47
48
49
50    C
D
A
C
A
E
A
C
C
D

PEDOMAN PENILAIAN

1.    Tiap jawaban benar skor  : 1
2.    Skor maksimal         : 50
3.    Nilai                  :

Nilai = Jumlah skor tercapai  X  2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar